Duta Besar dari Turki, Arab Saudi, dan Pakistan ini akan lebih banyak menjelaskan potensi pasarnya...
Batam (ANTARA News) - Tiga duta besar akan memaparkan potensi industri kreatif kepada pelaku usaha kecil menengah yang menghadiri konvensi dalam rangkaian Pekan Produk Kreatif Indonesia (PPKI) 2014 di Batam, 6--12 Juni 2014.

"Duta Besar dari Turki, Arab Saudi, dan Pakistan ini akan lebih banyak menjelaskan potensi pasarnya, yang bisa dijual di sana," kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu di Batam, Kepulauan Riau, Jumat.

Diharapkan, para pelaku UKM dari seluruh Indonesia yang mengikuti konvensi dapat mempelajari potensi yang bisa dikembangkan untuk menarik minat pasar Saudi Arabia, Turki, dan Pakistan.

Para Dubes juga akan membuka jalur dan jaringan perdagangan untuk para UKM yang ingin melebarkan sayap dan menembus pasar internasional.

Selain jaringan dari tiga negara itu, Menteri juga berharap PPKI di Batam dapat menarik potensi dari negara tetangga, mengingat Batam berdekatan dengan Singapura dan Malaysia.

PPKI 2014 mengambil tema Kreativitas dalam Harmoni, yang memaknai pluralitas dan keberagaman suku, agama dan budaya terjalin secara harmonis.

Menuru Menteri, PPKI merupakan komitmen pemerintah untuk menciptakan forum orang kreatif untuk pembelajaran, karingan, peragaan karya kreatif agar bisa diapresiasi masyarakat luas.

"PPKI adalah wujud fasilitasi pemerintah kepada orang kreatif dan pemangku kepentingan ekonomi kreatif untuk bersama-sama membangun kesadaran dan pemahaman akan potensi ekonomoni kreatif sebagai sumber kekuatan ekonomi, sosial dan budaya Indonesia," kata Meneri.

Selain pameran produk kreatif, PPKI yang ke-8 juga diisi bincang kreatif seni pertunjukan dan insutri musik, bincang kreatif "fashion", temu duta besar, diskusi Hak Kekayaan Intelektual (HKI), seminar nasional budaya Melayu, lokakarya dan klinik HKI dan bisnis.

Pelaksanaan PPKI di Batam disejalankan dengan Musabaqah Tilawatil Quran Nasional XXV di Batam. Dengan banyaknya khafilah yang datang dari seluruh Indonesia, maka nilai transaksi yang terjadi selama PPKI akan meningkat.

(Y011)

Pewarta: Jannatun Naim
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2014