dengan adanya SafetiPin maka mereka bisa bekerja seperti pegawai lepas yang dibayar bulanan. Tapi mereka punya kewajiban melaporkan ke SafetiPin. Jadi setiap pagi nanti ketua RT atau RW laporkan kalau melihat ada sampah, jalan berlubang, dan lain-lai
Jakarta (ANTARA News) - Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) mengatakan penggunaan aplikasi smartphone SafetiPin dapat membantu meningkatkan kesejahteraan ketua RT dan RW.

"Ketua RT/RW mengeluhkan pembayaran honornya lambat per tiga bulan, nah, nanti dengan adanya SafetiPin maka mereka bisa bekerja seperti pegawai lepas yang dibayar bulanan. Tapi mereka punya kewajiban melaporkan ke SafetiPin. Jadi setiap pagi nanti ketua RT atau RW laporkan kalau melihat ada sampah, jalan berlubang, dan lain-lain. Nanti kita kirim orang ke sana," kata Ahok.

SafetiPin adalah sejenis aplikasi pada Android dan iOS dan mulai diujicobakan di kecamatan dan kelurahan.

Saat ini, para lurah dan camat telah diarahkan mengunduh aplikasi tersebut sehingga Ahok dapat memantau kinerja mereka.

Saat ini, SafetiPin masih tersedia dalam Bahasa Inggris. Ahok mengatakan sedang berusaha membuat aplikasi tersebut dalam Bahasa Indonesia sehingga bisa digunakan secara luas.

"Mereka akan buat dalam Bahasa Indonesia, nanti kita luncurkan di car free day, maunya sih diluncurkan di PRJ tapi tidak keburu ya sudah," katanya. (*)

Pewarta: Ida Nurcahyani
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2014