... banyak beberapa peluang yang tidak menjadi gol. Mereka masih kurang pengalaman... "
Solo (ANTARA News) - Tim Nasional U-18 Indonesia berhasil memenuhi ambisinya mengalahkan Brunei Darussalam dengan skor 2-0, pada pertandingan perdana Grup B Asian Schools Football U-18 Championship, di Stadion Manahan Solo, Jawa Tengah, Jumat petang.

Timnas U-18 Indonesia yang diasuh pelatih Maman Suryaman itu melawan Brunei Darusaalam dengan dukungan ribuan Pasoepati pada babak pertama langsung mengambil inisiatif serangan untuk dapat mencetak gol cepat ke gawang lawan.

Kapten tim, Riyan Ardiansyah, dan kawan-kawan bermain taktis umpan dari kaki ke kaki sehingga mampu menguasai permainan pada menit-menit awal. Brunei yang banyak menumpuk pemain di belakang masih sulit ditembus pemain depan tim tuan rumah.

Timnas berhasil mencetak gol pada menit 26 melalui tendangan keras Sandi Pratama sehingga kedudukan menjadi 1-0. 

Gol Indonesia ini, berawal dari umpan tarik yang dilakukan oleh Gilang Rossa Isya berhasil yang lolos melewati beberapa pemain dan memberikan bola ke Sandi langsung mengarahkan ke gawang Brunei dan gol.

Timnas yang unggul 1-0 atas Brunei semakin bersemangat untuk menekan lawan. Riyan dan kawan-kawan terus melakukan serangan ke pertahanan lawan, tetapi Brunei yang memperkuat pertahanan masih mampu menghalau serangan tim tuan rumah.

Indonesia yang unggul 1-0 atas Brunei Darussalam tersebut tetap bertahan hingga babak pertama usai.

Timnas Indonesia memasuki babak kedua dengan mengubah strategi untuk menjaga ketat pemain lawan, sehingga Brunei tidak mampu mengembangkan permainan. Hampir selama 45 menit babak kedua permainan dikuasai oleh Riyan dan kawan-kawan.

Indonesia baru berhasil menambah gol menit 53 melalui tendangan keras kaki Gilang Rossa Pratama yang berhasil lolos sendiri dari sayap kiri langsung menghadapai dengan kiper Brunei, Muhd Ishsyaa Aswa, sehingga kedudukan menjadi 2-0.

Kedudukan 2-0 untuk Indonesia tersebut bertahan hingga wasit yang memimpin pertandingan, Lee Chang Won asal Korea Selatan meniup peluit panjang tanda pertandingan babak kedua berakhir.

Pelatih Timnas U-18 Indonesia Maman Suryaman mengatakan, meskinpun, Timnya berhasil memenangkan pertandingan, tetapi mereka bermain di bawah biasanya.

Namun, kata dia, kemenangan pada pertandingan perdana di Grup B ini, menjadi modal untuk laga selanjutnya melawan Hong Kong.

"Kami sempat mengikuti irama permainan Brunei, sehingga banyak beberapa peluang yang tidak menjadi gol. Mereka masih kurang pengalaman, tetapi timnya akan bermain sebaik mungkin untuk masuk ke final," kata Suryaman.

Menurut dia, lawan Indonesia selanjutnya Hong Kong yang memiliki kekuatan merata. Hong Kong tim yang bagus, meski pada pertandingan awal dia diakalahkan 4-0 atas Thailand.

Sementara para pertandingan sebelum Tim Nasional U-18 Thailand berhasil mengalahkan Hong Kong dengan skor 4-1. Gol Thailand dicetak oleh Patsukorn Sritubtim menit 10, Ratitiphun (32), Patipan pinsemsootri (39) dan Jenphop Phokhi (55). 

Pewarta: Bambang Marwoto
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2014