Jakarta (ANTARA News) - Anggota Dewan Pembina Partai Demokrat, Pramono Edhie Wibowo menegaskan, Partai Demokrat mendukung pasangan capres dan cawapres, Prabowo Subianto-Hatta Rajasa.

"Demokrat bulat dukung Prabowo-Hatta. Apalagi kader Demokrat sudah dengar visi dan misi Prabowo-Hatta yang salah satunya bertekad melanjutkan program-program rakyat pada pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY)," kata Pramono Edhie di Jakarta, Jumat.

Dia menyatakan, partainya tidak akan melakukan deklarasi untuk menegaskan dukungan terhadap Prabowo-Hatta. "Saya rasa tidak perlu deklarasi. Sudah dapat dibaca jelas arah dukungan Demokrat," ujar Pramono.

Terkait pelaksanaan Pilpres 2014, dia memperkirakan situasi pasca pemilihan presiden dan wakil presiden (Pilpres) 2014 akan tetap kondusif.  "Saya tidak lihat akan ada chaos. Saya optimis pascapilpres situasi kondusif dan tertib," kata mantan Kepala Staf Angkatan Darat itu.

Dia mengimbau, pasca pilpres, masing-masing pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) agar mengimbau pendukungnya tidak berlaku anarkis.

Dia juga meminta agar "kampanye hitam" dapat dihindari.

"Saya mohon masing-masing pasangan dan pendukungnya tidak lakukan kampanye hitam. Sampaikanlah visi dan misi kepada rakyat," katanya,

Dia menambahkan, para pendukung kedua pasangan juga harus dapat menerima hasil pilpres. "Kalau yang kandidat yang didukung gagal harus bersyukur, tapi jika kalah jangan marah. Pasangan yang menang juga jangan sombong dan angkuh, bila kalah juga jangan marah," imbuhnya.

Pemilu Presiden 9 Juli 2014 diikuti dua pasangan capres dan cawapres, yaitu Prabowo Subianto-Hatta Rajasa
dan Joko Widodo-Jusuf Kalla.
(zul)

Pewarta: Zul Sikumbang
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014