Serang (ANTARA News) - Hindun Wilda Risni, mahasiswi Institut Teknologi Bandung (ITB) asal Serang, Banten, akan mewakili ITB dalam The 60th International Pharmaceutical Students Federation World Congress 2014 di Porto, Portugal

Hindun Wilda di Serang, Jumat, mengatakan, kongres farmasi di Portugal tersebut merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh IPSF (International Pharmaceutical Students Federation), yaitu organisasi mahasiswa farmasi dunia.

Kegiatan yang dihadiri oleh negara-negara anggota IPSF ini terdiri dari simposium kefarmasian, Patient Counseling Event, lomba Compounding Dispensing, Clinical Skill Event, General Assembly, dan kegiatan kefarmasian lainnya.

"Saya mendapatkan bantuan dari Kementerian Pendidikan Nasional melalui Beasiswa Unggulan," kata mahasiswi ITB jurusan Farmasi Klinik dan Komunitas angkatan 2012 ini.

Menurutnya, ia akan mewakili ITB khususnya dalam mengikuti Simposium, General Assembly, dan lomba Patient Counseling Event pada tanggal 30 Juli sampai 10 Agustus 2014.

Ia mengatakan, General Assembly merupakan sidang yang berisi laporan pertanggungjawaban kepengurusan organisasi IPSF serta diskusi mengenai keberjalanan organisasi di tahun-tahun selanjutnya. Sedangkan Patient Counseling Event merupakan perlombaan konseling pasien sebagai salah satu bentuk pekerjaan profesi farmasi.

"Saya berharap ini menjadi momentum mengembangkan potensi diri, memperluas jaringan dalam dunia kefarmasian serta menjadi delegasi perwakilan ITB yang dapat membawa nama baik ITB dan Indonesia," katanya.

Ia berharap, World Congress yang diikutinya ini dapat menjadi inspirasi bagi orang lain untuk turut berpartisipasi aktif dalam kegiatan internasional sebagai usaha peningkatan eksistensi Indonesia baik dalam bidang pendidikan ataupun kesehatan.

(M045/R010)

Pewarta: Mulyana
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014