Kami memilih komik karena bentuknya sederhana, mudah dipahami, dan disukai anak-anak. Komik `Sintas The Brave` diterbitkan dalam tiga edisi yakni untuk anak usia TK dan SD, SMP, dan SMA,"
Yogyakarta (ANTARA News) - Kelompok mahasiswa Universitas Gadjah Mada mengenalkan pendidikan seks pada anak melalui komik "Sintas The Brave" yang disusun sesuai dengan usia dan tahap perkembangan psikologis anak, mulai taman kanak-kanak hingga sekolah menengah atas.

"Kami memilih komik karena bentuknya sederhana, mudah dipahami, dan disukai anak-anak. Komik Sintas The Brave diterbitkan dalam tiga edisi yakni untuk anak usia TK dan SD, SMP, dan SMA," kata koordinator kelompok mahasiswa MR Al Reno di Yogyakarta, Jumat.

Menurut dia, dalam komik "Sintas The Brave" edisi starter anak-anak diajak belajar mengenal bagian tubuhnya sendiri.

Selain itu anak-anak juga belajar mengenal perbedaan antara laki-laki dan perempuan dan bagaimana menolak berbagai modus tindak kejahatan seksual seperti bujuk rayu, iming-iming, dan obat bius.

"Saat ini kami baru menerbitkan 300 eksemplar edisi starter untuk anak usia TK hingga SD. Nanti juga akan diterbitkan untuk anak usia SMP yang menekankan pada proses pubertas," katanya.

Ia mengatakan untuk anak SMA akan lebih banyak dikenalkan pembelajaran bagimana mengontrol perasaan pada lawan jenis dan pengetahuan mengenai penyakit menular seksual.

"Komik Sintas The Brave disusun dengan mengadaptasi silabus pendidikan seks di sejumlah negara antara lain Jepang dan Australia. Selain itu juga dari berbagai buku parenting yang materinya disesuaikan dengan budaya Indonesia," katanya.

Menurut dia, materi komik "Sintas The Brave" mengadopsi dari silabus pendidikan seks di Jepang dan Australia tetapi sudah disesuaikan dengan kultur masyarakat Indonesia.

Komik "Sintas The Brave" edisi starter dijual dengan harga Rp30 ribu. Pemasaran sementara dilakukan secara langsung dengan menyasar sejumlah SD di Yogyakarta.

"Namun bagi masyarakat yang berminat dapat langsung memesan dengan mengunjungi twitter@komiksintas atau facebook.com/komiksintas. Contoh komik kami bisa dilihat di bit.ly/komiksintas," katanya.

Anggota kelompok mahasiswa itu adalah Jayanti Ayu K, Fadiah NA, Armita Sharfina, dan Muhammad Ibnu Hakim.
(B015/M008)

Pewarta: Bambang Sutopo Hadi
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014