Penghargaan itu diberikan oleh sebuah konsultan di bidang layanan dan kepuasan pelanggan yakni Majalah Service Excellence dan lembaga riset Carre-Center for Customer Satisfaction & Loyalty (Carre-CCSL),"
Surabaya (ANTARA News) - PT Angkasa Pura I (Persero) sebagai pengelola Bandara Internasional Juanda kembali meraih penghargaan "Service Quality Gold Award 2014".

"Penghargaan itu diberikan oleh sebuah konsultan di bidang layanan dan kepuasan pelanggan yakni Majalah Service Excellence dan lembaga riset Carre-Center for Customer Satisfaction & Loyalty (Carre-CCSL)," kata "General Manager" PT Angkasa Pura I (Persero), Trikora Harjo, dalam siaran pers yang diterima Antara di Surabaya, Jumat.

Menurut dia, penghargaan "Service Quality Award (SQA) 2014 yang diserahkan di Jakarta (6/6) itu diraih Bandara Juanda untuk kategori Industri Bandara Domestik. Anugerah tersebut diberikan sebagai apresiasi kepada para pelaku industri pelayanan.

"Apresiasi itu diberikan setelah pihak konsultan melakukan survei melalui wawancara tatap muka yang dilakukan kepada 3.000 responden dari kelas premium dan menengah di sejumlah kota," ujarnya.

Ia mencontohkan survei tersebut dilaksanakan di Jakarta, Semarang, Surabaya, dan Medan. Saat wawancara tatap muka dengan responden, Bandara Juanda dalam survei ini berhasil meraih skor "Service Quality Index/SQIndex)" mencapai 3,9278.

"Aspek penilaian SQ Index terdiri dari dua indikator utama yaitu Perceived Service Value/PSV dan Perceived Service Quality/PSQ," katanya.

Ia menambahkan, "PSV" adalah pengukuran langsung terhadap nilai layanan yang diberikan. Sementara "PSQ" meliputi empat dimensi di antaranya akses terhadap layanan, prosedur dan unsur-unsur yang terkait dengan proses pelayanan.

"Selain itu, dilakukan berdasarkan penilaian bagaimana staf yang berinteraksi dengan pelanggan dan service solution," katanya.

Ia menyatakan keberhasilan Bandara Juanda meraih penghargaan itu merupakan salah satu bukti hasil kerja keras dalam hal peningkatan pelayanan kepada pengguna jasa bandara.

"Khususnya yang diberikan oleh manajemen, pegawai, mitra kerja, dan mitra usaha Bandara Juanda," katanya.

Pada awal tahun 2014, Bandara Juanda juga meraih penghargaan sebagai "Excellence Service Experience Award/ESEA" dalam ajang "Carre-Center For Customer Satisfaction & Loyalty (CARRE-CCSL)" dan "Marketer Of The Year 2014" yang diselengarakan oleh MarkPlus, Inc.
(KR-IDS/E011)

Pewarta: Indra Setiawan/Ayu Citra
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014