Tampa (ANTARA News) - Yoshito Okubo mencetak gol penentu kemenangan pada menit terakhir untuk mengantarkan Jepang menang 4-3 atas Zambia Jumat waktu AS dalam laga pemanasan Juara Asia ini menjelang Piala Dunia.

Striker AC Milan Keisuke Honda mencetak dua gol dan pemain depan Manchester United Shinji Kagawa menambahkan satunya lagi, namun gol Okubo yang menjadi Jepang yang tiga kali menang dalam tiga laga persahabatannya menjelang ke Brasil.

Jepang tertinggal 0-2 lebih dulu akibat gol Christopher Katongo dan Nathan Sinkala.  Honda menciptakan gol dari titik penalti pada menit 40, disusul Kagawa menciptakan gol penyama kedudukan pada menit 73.

Honda lalu membawa Jepang berbalik unggul pada menit 75, sebelum Zambia menyamakan lewat gelandang remaja Lubambo Musonda pada menit 89 yang sukses menaklukkan kiper Jepang Shusaku Nishikawa.

Okubo lalu menciptakan gol kemenangan ketika gelandang ini mengola bola usai memanfaatkan umpan jauh ke kotak penalti yang diakhirinya dengan tembakan keras lewat kaki kirinya ke arah gawang Zambia.

Jepang akan membawa momentum kemenangan ini ketika mereka terbang ke Brasil Sabtu ini atau seminggu sebelum laga pembukanya di Piala Dunia melawan Pantai Gading di Grup C.

Jepang yang berperingkat FIFA 30 itu juga akan menghadapi Yunani dan Kolombia.

Pertandingan ini mengakhir kamp pelatihan seminggu penuh di Florida yang dianggap beriklim sama dengan Brasil.

Jepang mengalahkan Siprus 1-0 dan Kosta Rika 3-1 pada dua laga pemanasan sebelumnya dalam dua pekan terakhir, demikian AFP.


Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014