Jakarta (ANTARA News) - Pesta diskon "Festival Jakarta Great Sale" (FJGS) dimulai hari ini dan dibuka secara resmi di Emporium Mall Pluit, Jakarta Utara.

Pembukaan ditandai dengan pemukulan alat musik khas Betawi; gambang kromong oleh Menteri Pariwisata Mari Elka Pangestu dan Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) beserta istri Veronica Basuki T Purnama selaku Wakil Ketua Dekranasda DKI Jakarta.

Kemudian Ketua Umum Asosiasi Pengelola Pusat Perbelanjaan Indonesia (APPBI) Handaka Santosa, Ketua Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) DKI Jakarta Ellen Hidayat dan pejabat lainnya.

"Saya harapkan ke depan, orang-orang yang berbelanja di Festival Jakarta Great Sale itu nanti berbahasa Inggris, seperti halnya sekarang kalau kita ke Great Singapore Sale (GSS), kebanyakan yang kita dengar orang berbicara Bahasa Indonesia," kata Menteri Mari sesaat sebelum membuka acara FJGS.

Sementara itu, Plt Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama menyatakan apresiasinya terhadap FJGS dan mengimbau pengelola mall agar lebih banyak merangkul pelaku UMKM dan pedagang kaki lima (PKL).

"Simbiosis mutualisme sajalah, dengan menampung PKL masuk ke mall kan jadi banyak yang belanja, dan lingkungan mall jadi tertib. Saya harap dengan adanya FJGS ini warga Jakarta jadi penuh kepalanya alias bahagia, penuh perutnya alias kenyang, dan penuh dompetnya," kata Ahok.

Pesta diskon besar-besaran yang menawarkan potongan harga hingga 70 persen itu akan digelar selama 1,5 bulan mulai 7 Juni hingga 19 Juli 2014 di sekitar 75 mal dan pusat belanja di Jakarta.

Peserta tahun ini bertambah satu setelah Baywalk Mal menyatakan diri turut berpartisipasi.

Pembukaan gelaran bertema "Jakarta Baru, Jakarta Maju" terlihat meriah dengan menyuguhkan dekorasi, kuliner dan atraksi seni budaya khas Betawi.

Pesta diskon yang diselenggarakan Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) DPD Jakarta itu sekaligus untuk memperingati HUT DKI Jakarta ke-487.

Ditargetkan, transaksi yang terjadi selama FJGS berlangsung adalah Rp13,5 triliun, meningkat Rp1,7 triliun dari target FJGS tahun sebelumnya.

FJGS yang dimulau sejak tahun 1985 dengan istilah "Festival Belanja" itu juga menampilkan kurang lebih 60 pengrajin UMKM yang memamerkan produk karyanya di empat mall; Plaza Semanggi, Grand Lippo,Grand Indonesia, dan Mal Emporium Pluit.

Pewarta: Ida Nurcahyani
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014