Kalau kita punya LRT maka kita bisa jadi surga belanja lho, karena nantinya itu akan menghubungkan mall-mall dengan bandara,"
Jakarta (ANTARA News) - Dengan semangat menjadikan Jakarta sebagai kota wisata "surga belanja" di Asia, Pelaksana Tugas (Plt) Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) mempromosikan light rapid transit (LRT) di hadpaan para pemilik mall yang tergabung dalam Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI).

"Kalau kita punya LRT maka kita bisa jadi surga belanja lho, karena nantinya itu akan menghubungkan mall-mall dengan bandara," kata Ahok saat membuka "Festival Jakarta Great Sale" (FJGS) di Emporium Pluit Mall di Jakarta Utara, Sabtu malam.

Ahok mengatakan, selagi dirinya menjabat sebagai Plt gubernur, seluruh proyek yang mampu membuat Jakarta lebih maju akan dikejarnya, termasuk ide baru pembuatan LRT.

"Mumpung tidak ada yang rem-rem saya, mumpung tidak ada yang bilang 'Pak Ahok, sabar yaa', makanya dua bulan ini mau saya kebut saja," katanya.

Konsep LRT dimunculkan Ahok beberapa waktu lalu. Menurutnya, LRT mirip monorel karena cocok digunakan untuk jalur pendek. Namun, LRT memiliki kelebihan biaya perawatan (maintenance) yang lebih murah.

Ahok mencontohkan, di Singapura, feeder MRT adalah LRT alih-alih monorel.

Selain itu, menurut Ahok, LRT dapat beroperasi di jalur menyilang karena relnya terbuat dari besi. Sedangkan, monorel menggunakan jalur beton, jadi tidak dapat melalui jalur yang menyilang.

"Makanya saya ingin tawarkan kerja sama, mall-mall bantu bangun LRT, kalau mall tidak mau berkontribusi dalam pembangunan kota, nanti akan saya cabut hak layak fungsinya. Mumpung sekarang saya sendirian," katanya.(*)

Pewarta: Ida Nurcahyani
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014