Montreal (ANTARA News) - Nico Rosberg menempati posisi start terdepan untuk Grand Prix Kanada yang berlangsung Minggu dengan demonstrasi kecepatan yang mendominasi, ketika ia mengungguli rekan setimnya di Mercedes Lewis Hamilton, pada penutup sesi kualifikasi Sabtu.

Dua pekan setelah posisi start terdepan kontroversialnya di Grand Prix Monaco, pengendalian sempurna Rosberg membuat ia dapat mengungguli rekan setim sekaligus pesaing terdekatnya dalam perebutan gelar dengan keunggulan 0,079 detik.

Pebalap Jerman berusia 28 tahun itu mengamankan posisi start terdepan keduanya secara beruntun, posisi start terdepan ketiganya tahun ini dan yang ketujuh sepanjang kariernya dengan catatan waktu 1 menit 14,874 detik untuk mengurangi impresi bahwa Hamilton akan merebut kembali supremasi dari rekan setimnya itu di Sirkuit Gilles Villeneveu.

Ini merupakan keempat kalinya Mercedes menempati posisi start pertama dan kedua tahun ini. Ini posisi start terdepan Rosberg untuk pertama kalinya di Montreal, dan terjadi di sirkuit, di mana Hamilton memenangi tiga balapan di sini sebelumnya.

Juara bertahan empat kali asal Jerman Sebastian Vettel bangkit dari akhir pekan yang tidak konsisten untuk merebut posisi start ketiga dengan mobil Red Bullnya, dengan mengungguli pebalap Finlandia Valtteri Bottas dan rekan setimnya di Williams Felipe Massa. Demikian laporan AFP.

(Uu.H-RF/Z002)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014