Jakarta (ANTARA News) - Sebuah lintasan sejarah mengenai sepak bola Piala Dunia disajikan melalui pameran koleksi foto Agence France-Press (AFP) bekerja sama dengan Galeri Foto Jurnalistik Antara (GFJA) di Jakarta mulai Senin.

Pameran bertajuk "Jagat laga bola" tersebut menampilkan sejumlah foto yang disusun sesuai lintas sejarah Piala Dunia yang dimulai tahun 1930.

Di antara koleksi yang dipasang adalah gambar para pemain Prancis di atas kapal Conte Verde dalam perjalanan menuju Uruguay, tuan rumah Piala Dunia pertama tahun 1930.

Momen-momen penting Piala Dunia pun terekam dari masa ke masa hingga gambar pesta kemenangan tim Spanyol di Afrika Selatan 2010.

Di penghujung rangkaian koleksi, terpampang foto patung Yesus Kristus di Bukit Corcovadi, Rio de Janeiro, dengan latar belakang bulan purnama, seolah menyambut para tamu yang datang ke Brazil untuk Piala Dunia 2014.

Pameran yang berlangsung 9 Juni hingga 15 Juli 2014 ini terkait dengan momen Piala Dunia 2014 yang segera berlangsung di Brazil mulai Kamis (12/6).

Pameran dibuka dengan pembubuhan tanda tangan oleh Direktur Komersial dan IT LKBN Antara Hempi Prajudi, direktur komersial AFP kawasan Asia Pasifik Mervin Nambiar, dan Dubes Brazil untuk RI Paulo Alberto da Silveira pada poster pameran di pintu masuk GFJA Pasar Baru, Jakarta Pusat.

Dalam sambutannya Dubes Brazil da Silveria menyatakan senang berada di Indonesia yang masyarakatnya juga penggemar sepak bola seperti di Brazil.

"Indonesia seharusnya juga bisa masuk ke putaran final Piala Dunia seperti halnya Jepang," katanya.

Pewarta: Teguh Handoko
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2014