London (ANTARA News) - Pemain Inggris diminta bungkam terhadap pertanyaan mengenai Kepulauan Falkland pada Piala Dunia 2014 sehubungan provokasi pemain Argentina terhadap kepulauan yang disengketakan kedua negara tersebut, kata media Inggris.

Saat tim Argentina menang 2-0 dalam pertandingan pemanasan melawan Slovenia, di La Plata, pemain Argentina membentangkan banner bahwa Kepulauan Falkland, oleh Argentina disebut Malvinas, adalah milik negara Amerika Selatan tersebut.

Tindakan itu dianggap pernyataan politik dan Argentina diperkirakan akan menerima denda dari FIFA akibat banner tersebut

Inggris dan Argentina terlibat perang pendek pada 1982 di pulau tersebut setelah Argentina menduduki pulau teritori Inggris itu. Sebanyak 900 orang, semuanya adalah personel militer, tewas pada perang tersebut.

Namun menurut Daily Mail, manajemen Inggris mengatakan kepada para pemainnya, "Jangan jawab pertanyaan mengenai Falkland."

Pesan tersebut tertulis di papan tulis di ruang ganti pemain Inggris di tempat latihan di Rio.

Kedaulatan atas pulau tersebut telah menjadi rebutan kedua negara.  Presiden terakhir Argentina Cristina Kirchner sering memberikan pernyataan kontroversial dan provokatif terhadap kasus ini, demikian AFP

Pewarta: Unggul Tri Ratomo
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014