Lombok Barat (ANTARA News) - PT Pelindo III Lembar dan PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) akan bekerja sama dalam mempersiapkan prasarana dan sarana angkutan laut menjelang Lebaran sebagai upaya antisipasi menghadapi lonjakan penumpang di wilayah Nusa Tenggara Barat.

"Kerja sama ini merupakan penyiapan prasarana pendukung bagi warga yang hendak melakukan mudik Lebaran, sekaligus mengantisipasi lonjakan penumpang yang selalu terjadi setiap tahun," kata General Manager PT Pelindo III Lembar Mudjiono di Lembar, Lombok Barat, Selasa.

Selain dengan PT Pelni, ujar Mudjiono, pihaknya juga menjalin kerja sama dengan sejumlah instansi terkait, sehingga tidak ada hambatan menghadapi lonjakan jumlah penumpang saat menyambut Idul Fitri mendatang.

Disinggung mengenai jumlah prasarana yang disiapkan, Mudjiono menyatakan masih belum bisa menyebutkan sekarang, karena baru akan dikoordinasikan dengan PT Pelni jika waktunya sudah mendekati Lebaran.

Di bagian lain, Mudjiono pun belum bisa memprediksi berapa jumlah penumpang dari Nusa Tenggara Barat yang akan menggunakan jalur laut sebagai transportasi saat mudik.

"Prediksi kami, penumpang lebih memilih untuk mudik menggunakan kapal feri dibandingkan dengan sarana angkutan lain," ujarnya.

Prediksi ini, lanjut dia, berdasarkan pengalaman pada tahun-tahun sebelumnya, di mana masyarakat lebih suka memilih kapal feri untuk pulang ke kampung halaman saat hari raya.

"Sementara penumpang yang menggunakan kapal laut di luar feri, biasanya mereka yang akan menuju wilayah Indonesia bagian timur," ucap dia, menjelaskan.

Pewarta: Yanes Setat
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014