Jakarta (ANTARA News) -  Penyedia jasa layanan komputasi awan (cloud), CBNCloud bersama penyedia solusi IT asal Jepang, TechMatrix Corporation kini menghadirkan FastHelp, solusi pengelolaan hubungan pelangan ( Customer Relationship Management /CRM) untuk contact center di Indonesia. Menurut CEO CBNCloud, Budhi Wibawa, pertumbuhan ekonomi di Indonesia memberikan pengaruh terhadap laju pertumbuhan bisnis. Kompetisi bisnis pun semakin panas dengan berbagai macam pemenuhan tuntutan.

"Setiap pelaku bisnis dituntut untuk memberikan pelayanan terhadap konsumen yang semakin baik salah satunya contact center," kata Budhi saat peluncuran di Jakarta, Selasa.

Dia menyebutkan bahwa untuk dapat memberikan pelayanan yang terbaik kepada konsumen serta meningkatkan produktifitas, dibutuhkan sebuah sistem yang bisa menyediakan berbagai fasilitas tersebut.

"Disitulah pentingnya peran CRM dalam contact center," kata Budhi.

Dia menyebut, dengan CRM, agen contact center bisa mendapatkan informasi serta profiling dasar dari konsumen yang melakukan kontak terhadap perusahaan. Terlebih, jika konsumen tersebut sebelumnya sudah melakukan kontak dalam bentuk yang berbeda.

"Konsumen pastinya akan lebih merasa diperhatikan karena misalnya tidak perlu mengulang-ulang keluhan yang sama," katanya.

Penyediaan jasa ini, kata Budhi bisa dilakukan dengan sistem cloud ataupun in premis tergantung dari permintaan masing-masing industri, usaha atau perusahaan yang menjadi klien.

"Tentunya dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing," katanya.

Pemilihan TechMatrix sebagai mitra kerja menurut Budhi karena pengalamannya menyediakan jasa CRM ratusan perusahaan besar di Jepang.

"Karena mereka client oriented, sistem yang dibuat pun memang disesuaikan dengan kebutuhan klien," katanya.




Pewarta: Deny Yuliansari
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2014