Gorontalo (ANTARA News) - Kapolri Jenderal Sutarman memberikan klarifikasi mengenai pertemuan petinggi Polri Komjen Budi Gunawan dengan Tim Sukses Jokowi seperti yang diberitakan media massa belakangan ini.

"Saya sudah menelusuri hal ini. Yang sebenarnya terjadi hanya kebetulan saja. Pada saat yang sama keduanya makan di warung sate tersebut," katanya saat berkunjung ke Gorontalo, Selasa.

Ia mengungkapkan bahwa keduanya tidak merencanakan pertemuan sebelumnya, apalagi membicarakan persoalan dukung mendukung calon presiden.

"Tempat makan itu adalah tempat umum, secara logika tidak mungkin keduanya bertemu untuk hal-hal penting di tempat seperti itu," katanya.

Meski demikian, Kapolri meminta seluruh anggota Polri menjunjung tinggi netralitas terutama dalam pemilihan presiden sebagai bentuk pengabdian kepada negara dan masyarakat.

"Saya berkeliling daerah-daerah untuk memberi pengarahan dan bertemu dengan mitra-mitra kerja saya. Yang paling penting adalah memberi dorongan pada mereka meningkatkan kinerja," ujarnya.

Jika seluruh polisi bekerja dengan baik, lanjutnya, keamanan bisa ditingkatkan. Daerah yang aman akan mendorong terciptanya banyak lapangan kerja sehingga masyarakat lebih sejahtera.

Ia berharap peningkatan kinerja di tubuh polri akan meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap institusi penegak hukum tersebut.

Pewarta: Debby Hariyanti Mano
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014