Solok (ANTARA News) - Kohei Uchima meraih kemenangan kedua pada kejuaraan balap sepeda internasional Tour de Singkarak (TdS) 2014 setelah mampu menjadi yang tercepat pada etape enam dari Padang Panjang menuju Kota Solok, Kamis.

Pebalap dari tim Japan Cycling Federation itu mampu membukukan catatan waktu 2.37.48 setelah menepuh jarak 111 kilometer atau unggul 39 detik dari pebalap diposisi dua yaitu Soufiane Haddi dari Skydive Dubai Pro dengan catatan waktu 2.38.27. Sebelumnya pebalap ini menang di etape pertama.

Pada etape yang didominasi lintasan datar ini, Indonesia menempatkan Dadi Suryadi dari tim Pegasus Continental Cycling  di posisi tiga setelah membukukan catatan waktu 2.38.29.

Kemenangan kedua bagi Kohei Uchima pada kejuaraan yang sudah masuk kalender UCI ini disambut dengan gembira. Terbukti setelah menyentuh finis, pebalap asal Jepang itu langsung berteriak dengan mengepalkan tangan keatas.

Kohei Uchima juga langsung melakukan komunikasi dengan pebalap satu timnya yang juga masuk posisi 10 besar yaitu Saya Koroeda yang finis diurutan tujuh dengan catatan waktu 2.39.16.

Meski telah dua kali menjuarai etape, Kohei Uchima pada klasemen umum masih terlempar dari 10 besar. Pada klasemen umum masih didominasi pebalap Iran yang dipimpin pemegang Kaos Kuning yaitu Amir Zargari dari Pishgaman Yazd dengan total waktu 17.23.04.

Mampu kembali naik podium juga membuat posisi Dadi Suryadi di klasemen sementara aman. Satu-satunya pebalap Indonesia yang masuk 10 besar saat ini tertahan di posisi tujuh dengan total catatan waktu 17.29.23 atau terpaut enam menit 19 detik dari pemucak klasemen.

"Saya terus berusaha konsisten sejak awal. Saya terus berusaha di depan dan akhirnya mampu finis di urutan ketiga," kata Dadi Suryadi usai menyelesaikan lomba.

Meski masih tertahan diposisi tujuh, pebalap dari tim kontinental satu-satunya asal Indonesia tetap berhak menyandang Kaos Merah Putih tanda pebalap Asia Tenggara tercepat. Catatan waktu yang dimiliki terpaut empat menit 17 detik dari Bambang Suryadi yang berada diposisi dua.

Setelah menyelesaikan etape enam, semua pebalap yang finis akan melanjutkan perlombaan ke etape tujuh dari Sijunjung menuju Dharmasraya, Jumat (13/6) dengan jarak 167,5 kilometer.

(B016)

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2014