Jakarta (ANTARA News) - Sebagian pedagang yang berpartisipasi dalam Pekan Rakyat Jakarta (PRJ) Monas 2014 mengklaim barang-barang yang dijualnya dibanderol dengan harga murah meriah.

Pedagang kaus jersey tim-tim sepak bola luar negeri, Iyan (60), yang biasanya berdagang di kawasan Pasar Blok M ini mengaku menjajakan kaus jersey dengan harga lebih murah dari biasanya.

Jika biasanya kaus jersey klub-klub kesebelasan sepak bola internasional ia jual Rp75 ribu-Rp85 ribu per potong, di PRJ Monas ia mengaku menjual dengan harga hanya Rp60 ribu.

Sementara untuk kaus jersey negara-negara peserta Piala Dunia 2014, ia banderol dengan harga Rp100 ribu per potong. "Jersey kesebelasan klub-klub sepak bola internasional hanya Rp60 ribu, kalau yang jersey negara-negara Rp100 ribu, biasanya Rp160 ribuan," ujar Iyan kepada ANTARA News di kawasan PRJ Monas, Kamis siang.

"Ini Thailand punya, saya beli partai besar," tambahnya.

Tidak jauh dari lapak tempat Iyan berjualan, pedagang pakaian khusus dewasa, Ris Aliya (35), mengaku memberikan potongan harga Rp10 ribu-Rp15 ribu per potong untuk celana dan pakaian.

Ris, yang biasanya berdagang di lantai tiga Blok G Pasar Tanah Abang ini menjajakan celana-celana panjang wanita dan long dress berbahan dasar kaus dengan harga Rp25 ribu- 35 ribu per potong.

"Biasanya saya jual (celana kaus) Rp45 ribu Tapi kan karena di sini gratis, enggak perlu bayar sewa, makanya bisa saya jual murah begini," katanya.

Sekalipun siang hari pada Kamis ini cukup mampu membuat keringat dari sekujur tubuh bercucuran, bukan berarti Ris kehilangan pembeli.

Nhimas Asiyah (60) bersama rekan-rekannya seakan tak peduli terik matahari. Mereka nampak asik memilih dan mencoba celana dagangan Ris yang terletak di dekat pintu Selatan Monas.

Perempuan yang mengaku tinggal di kawasan Jatibening, Bekasi ini, mengaku penasaran dengan barang-barang murah yang dijajakan pedagang di PRJ Monas ini.

"Saya penasaran seperti apa sih PRJ Monas. Baru hari ini ada kesempatan ke sini," katanya sembari memilih-milih pakaian.

Ia pun memutuskan membeli sekitar dua potong celana Ris dengan total Rp70 ribu. Tak hanya pakaian, sejumlah barang-barang yang diklaim pedagang lebih murah dari biasanya juga dapat ditemui di PRJ Monas, seperti tas perempuan, mainan anak-anak, miniatur monas, kacamata, senter, dan kerudung.

Tas perempuan misalnya, dijual dengan harga Rp 50 ribu per buah, kemudian kaus-kaus anak bergambarkan Monas, Rp30 ribu per potong. Jika di tengah perburuan barang-barang murah tiba-tiba lapar mendera, pedagang makanan dapat dengan mudah Anda temui.

Mereka menjajakan beragam makanan dan minuman, seperti ketoprak, pecel lele, ketupat sayur, soto, mie ayam, baso, kerak telur, nasi goreng, es kelapa muda dan sebagainya.

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014