London (ANTARA News) - Klub Liga Inggris Chelsea pada Kamis, resmi mendapatkan mantan pemain Arsenal, Cesc Fabregas, dari klub Spanyol Barcelona dengan durasi kontrak lima tahun.

Pemain berusia 27 tahun itu pada awal musim panas ini telah dinyatakan sebagai di luar rencana Barcelona musim depan, yang segera memantik spekulasi dirinya akan kembali ke Liga Inggris.

Arsenal memiliki opsi pembelian kembali kala sepakat melepaskan Fabregas ke Nou Camp pada 2011 silam, namun mereka tidak mengaktifkan opsi itu dan justru Chelsea yang menyepakati pembelian Fabregas, yang tengah bersama tim nasional Spanyol di Piala Dunia 2014.

"Pertama saya ingin berterima kasih kepada semua orang di Barcelona, tempat saya menghabiskan waktu tiga tahun yang indah," kata Fabregas.

"Barcelona adalah tim masa kecil saya, dan memiliki kesempatan untuk bermain bersama tim besar semacam itu selalu membuat saya merasa bangga dan terhormat."

Fabregas mengaku dirinya masih memiliki urusan yang belum selesai dengan Liga Inggris, sehingga  menilai kali ini waktu yang tepat untuk kembali.

"Ya, semua orang tahu Arsenal memiliki opsi prioritas apabila ingin mendapatkan saya. Tetapi mereka memutuskan untuk tidak menggunakannya, maka memang demikian seharusnya. Saya mengharapkan yang terbaik bagi mereka," katanya.

"Saya mempertimbangkan sejumlah tawaran lain dengan sangat hati-hati dan sampai pada keyakinan bahwa Chelsea adalah pilihan terbaik. Mereka berbagi ambisi yang sama dengan saya, terlihat dari rasa lapar dan keinginan mereka untuk memenangi trofi."

Menurut Fabregas, Chelsea memiliki skuat hebat, terdiri dari pemain-pemain dan pelatih yang luar biasa, sekaligus menegaskan komitmennya bersama tim itu dan mengutarakan bahwa ia tidak sabar untuk segera merumput bersama mereka.

"Sangat penting bagi saya bahwa kesepakatan ini sudah rampung sebelum Piala Dunia dimulai, sehingga saya bisa berkonsentrasi untuk membantu tim (Spanyol) mempertahankan gelar juara."

Sementara itu, Barcelona mengkonfirmasi kesepakatan tersebut lewat sebuah pernyataan yang di dalamnya terselip ucapan terima kasih kepada sang pemain atas sumbangsihnya di Nou Camp selama tiga tahun terakhir.

"FC Barcelona ingin mengucapkan terima kasih kepada Cesc Fabregas atas profesionalisme dan dedikasinya selama tiga tahun di klub ini, yang akan selalu menjadi rumahnya, dan mengharapkan yang terbaik bagi dia di masa yang akan datang," demikian pernyataan tersebut, sebagaimana dilansir Skysports.(*)

Penerjemah: Gilang Galiartha
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014