...sebelum Lebaran sudah bisa digunakan...
Bogor (ANTARA News) - Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum (PU) menargetkan tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) West (W2) yang membentang dari Kebon Jeruk hingga Ulujami siap digunakan sebelum Ramadhan.

"(JORR 2) W2 sudah bisa nyambung, ini bagian terakhir JORR kita, sebelum Lebaran sudah bisa digunakan," kata Kepala BPJT Kementerian PU Achmad Gani Ghazali, di Bogor, Jumat.

Selain itu, Gani mengatakan tol Surabaya--Mojokerto--Kertosono, juga sudah mulai dibuka untuk mengungangi kemacetan di sekitar Jombang.

"Tahun depan mulai beroperasi penuh," katanya.

Dia menambahkan tol Cikampek--Palimanan juga sudah selesai 33 persen dan diharapkan bisa mengurangi kemacetan Jalur Pantura.

Pengerjaan tol JORR W2 lebih cepat dari target sebelumnya, yakni pada Juli 2014, bahkan semula ditargetkan rampung pada Oktober 2014.

Tol yang memiliki total panjang 7,8 kilometer itu dibangun oleh pemerintah pusat melalui PT Jasa Marga dan Pemerintah Provinsi DKI melalui Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) PT Jakarta Propertindo (Jakpro), dengan komposisi pembagian investasi sebesar 65 persen untuk Jasa Marga dan 35 persen untuk Jakpro.

Pembangunan tol JORR W2 dibagi menjadi empat paket. Paket pertama yaitu dari Kebon Jeruk hingga Meruya yang dikerjakan oleh kontraktor PT Wijaya Karya. Paket kedua dari Meruya hingga Joglo oleh PT Adhi Karya.

Selanjutnya, paket ketiga dari Joglo hingga Ciledug yang dikerjakan oleh PT Waskita Karya. Paket keempat dari Ciledug hingga Ulujami oleh kontraktor PT Jaya Konstruksi.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo mengatakan apabila jalan tol tersebut sudah beroperasi secara maksimal, maka diperkirakan akan mampu mengurangi kemacetan di wilayah Kota Jakarta sekitar 20 hingga 30 persen.

"Tol ini bisa mengurai kemacetan karena kendaraan dari arah timur ke barat atau sebaliknya akan melewati jalur tersebut. Begitu pun dengan kendaraan yang mengarah ke bandara dari arah selatan juga bisa melewati tol ini," katanya.
(J010)

Pewarta: Juwita Trisna Rahayu
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2014