Saya hanya menyalahkan diri saya sendiri dalam kekalahan set pertama itu
London (ANTARA News) - Gelar Andy Murray sebagai penyandang mahkota juara di Queens Club berakhir Kamis, ketika pemain veteran dari Ceko Radek Stepanek mencetak kemenangan  7-6 (12/10), 6-2 atas pemain nomor lima dunia itu.

Murray kandas pada putaran ketiga oleh pemain peringkat 42 dunia itu dan kekalahan itu merupakan pukulan keras dalam persiapannya bermain di lapangan rumput dua minggu menjelang awal turnamen Wimbledon, yang diraihnya dengan amat mengesankan tahun lalu.

Kekalahan ini juga merupakan yang pertama bagi pemain berusia 27 tahun itu, sejak ia memutuskan secara mengejutkan menyewa pelatih perempuan dari Prancis, Amelie Mauresmo, sebagai pelatih barunya Minggu lalu.

Sejak kalah dari Roger Federer pada final Wimbledon 2012, Murray tidak dapat dihentikan di lapangan rumput, tetapi 19 kemenangannya hingga meraih medali emas di Olimpiade dan mahkota pertama di Wimbledon dan ketiga di Queens, akhirnya meredup di lapangan di kawasan bara London yang disinari matahari.

Murray menyatakan ia tidak mencari-cari alasan mengapa ia sampai kecolongan dalam delapan perebutan poin pada laga set pertama.

"Saya hanya menyalahkan diri saya sendiri dalam kekalahan set pertama itu. Saya tidak tahu berapa banyak set point yang saya peroleh, tapi kebanyakan dari angka saya itu melalui servis," katanya seperti dikutip AFP.

"Pada permukaan lapangan seperti ini, seharusnya seorang petenis tidak kehilangan angka seperti tadi. Ini benar-benar mengecewakan," katanya.

"Dan amat disayangkan, saya juga dimatikan lawan pada game set kedua dan saya merasa payah untuk kembali ke permainan saya," katanya.

Mantan runner-up Wimbledon, Tomas Berdych, tidak pernah menang di Queens, tetapi pemain dengan servis geledek dari Ceko itu bermain baik di lapangan rumput, ketika ia maju ke perempat final dengan kemenangan 7-6 (7/2), 6-4 atas pemain dari Prancis, Adrian Mannarino.

Berdych, peringkat enam dunia, selanjutnya akan berhadapan dengan unggulan 10 dari Spanyol Feliciano Lopez, yang menang 7-6 (7/3), 6-7 (4/7), 7-6 (7/3) atas Kenny De Schepper.

(A008) 

Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2014