Benda tersebut sudah dicerai-beraikan. Tujuannya untuk memastikan material apa saja yang ada didalamnya,"
Bogor (ANTARA News) - Tim Gegana Mabes Polri berhasil mengevakuasi dan meledakkan benda mencurigakan diduga bom yang tersimpan di area parkir Plaza Jambu II Kota Bogor, Jawa Barat.

"Benda tersebut sudah dicerai-beraikan. Tujuannya untuk memastikan material apa saja yang ada didalamnya," ujar Kapolres Bogor AKBP Bahtiar Ujang Purnama, Jumat.

Benda diduga bom tersebut berupa kardus yang berisi berbagai macam material yang ada kaitannya dengan bahan peledak.

Tim Gegana yang tiba dilokasi langsung melakukan pengamanan, dengan memindahkan benda mencurigakan tersebut ke lokasi yang lebih aman untuk diledakkan.

Kapolres menjelaskan, pihak belum bisa memastikan material apa saja yang terdapat di dalam kardus mencurigakan tersebut.

"Untuk memastikan benda apa saja di dalamnya, kita menunggu hasil dari laboratorium Mabes Polri," kata Kapolres.

Terkait adanya upaya teror, mengingat kejadian serupa penemuan geranat aktif di wilayah Tanah Baru, Kecamatan Bogor Utara juga menggegerkan warga Kota Bogor.

Kapolres menjelaskan, belum ada indikasi teror bom di Kota Bogor. Namun demikian, lanjut Kapolres, pihaknya telah melakukan langkah-langkah pencegahan sedari ini.

"Masyarakat sudah kita himbau untuk melaporkan temuan benda-benda mencurigakan kepada pihak kepolisian. Tidak ada arah teror bom di Kota Bogor. Warga sudah semaksimal mungkin, kita berikan penyuluhan terkait penanggulangan peristiwa tserbut. Warga Bogor sudah tentram jangan diberikan kecemasan," kata Kapolres.

Sementara itu, penemuan benda diduga bom tersebut menggegerkan warga Bogor terutama para pengunjung dan pedagang yang ada di Plaza Jambu II.

Informasi penemuan benda mencurigakan tersebut membuat sejumlah pedagang panik dan menutup toko-tokonya. Hingga saat petugas melakukan sterilisasi, sejumlah besar toko di Plaza Jambu II tutup.

"Istri saya punya warung di lantai dasar. Tau ada informasi bom langsung ketakukan. Saya langsung jemput dan warung saya tutup," kata Yudi salah satu warga.

Penemuan benda diduga bom tersebut dilaporkan sekitar pukul 13.00 WIB dari salah satu "office boy" di Plaza Jambu II. Tim reskrim Polsek dan Polres Bogor langsung melakukan sterilisasi dan pengamanan hingga tim Gegana Polri tiba di lokasi.

Sekitar pukul 15.30 WIB, tim Gegana telah mengevakuasi benda mencurigakan tersebut lalu meledakkannya untuk mengetahui material apa saja yang tersimpan di dalamnya.

Setelah mengevakuasi benda mencurigakan tersebut, tim Reskrim Polres Bogor Kota melakukan olah tempat kejadian perkara dengan menghadirkan dan mengumpulkan data-data awal penemuan benda mencurigakan tersebut.

Sejumlah pekerja dan saksi mata dimintai keterangan terkait kronologi penemuan benda mencurigakan tersebt, untuk menelusuri asal benda dan siapa pelaku yang melakukannya.
(KR-LR/F006)

Pewarta: Laily Rahmawati
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014