Surabaya (ANTARA News) - Wakil Presiden Boediono mengingatkan pentingnya peran keluarga dalam menyiapkan masa depan anak-anak sebagai generasi penerus bangsa. Dia juga menyebut perempuan sebagai penentu keberhasilan bangsa.

"Hal penting yang harus disadari dan untuk ingat bahwa kualitas keluarga menentukan kualitas manusia," kata dia saat memberikan sambutan pada puncak peringatan Hari Keluarga Nasional ke-21 tahun 2014 ddi lapangan Kodam V Brawijaya, Sabtu.

Ia mengatakan, kualitas manusia itu adalah salah satu faktor untuk menentukan keberhasilan bangsa.

"Keberhasilan sebuah bangsa itu tidak luput dari peranan seorang ibu dalam menentukan karakter keluargnya masing-masing," kata Boediono.

Saat ini, pemerintah terus meningkatkan program-program pemberdayaan perempuan seperti peningkatan kesehatan dan pengurangan angka kemiskinan.

"Pada program tersebut yang menjadi ujung tombaknya adalah perempuan sebagai pelaksana di lapangan serta dalam kehidupan sehari-hari," katanya.

Sebagai negara penduduk terbanyak keempat dunia, kata dia, peningkatan kalitas sumber daya manusia itu bukan hal mudah.

"Terlebih lagi dengan adanya wilayah kepulauan membutuhkan tantangan tersendiri untuk memberikan pelayanan yang memadai kepada masyarakat. Selain itu, diperlukan juga kerja keras dan kerja cerdas untuk mewujudkan itu semua," kata dia.

Boediono menyambung, "Hal sederhana yang bisa dilakukan yaitu upaya membatasi jumlah anak demi kesehatan keluarga karena harus disadari jika generasi yang berkualitas itu salah satunya ditentukan oleh kelahiran yang direncanakan".


Pewarta: Indra Setiawan
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014