Jakarta (ANTARA News) - Klub otomotif FBRT Sports, yang di dalamnya ada pebalap internasional Subhan Aksa dan pereli Akbar Hadianto, akan mengandalkan Mitsubishi Mirage pada kejuaraan balap nasional, Sprint Rally dan Slalom Test.

FBRT akan menggunakan 2 unit Mitsubishi Mirage untuk dimodifikasi dan disesuaikan dengan regulasi yang dikeluarkan Ikatan Motor Indonesia (IMI). Satu untuk sprint rally, satunya buat slalom test.

Dalam kejuaraan itu, Mirage akan dipacu oleh pebalap internasional Subhan Aksa, juara nasional Rally Indonesia 2013 Akbar Hadianto, dan sejumlah pebalap muda FBRT bertalenta lainnya.

Rencananya Mirage akan dikompetisikan di kelas N12 yang melombakan mobil-mobil full standard, menurut APM Mitsubishi di Indonesia, PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), di Jakarta, Sabtu.
 
“Hanya ditambahkan pemakaian piggy back untuk meningkatkan kinerja mesin. Tentunya bagian kaki-kaki akan mendapat perhatian khusus sesuai aturan main di kejurnas sprint rally dan slalom test. Mencermati spesifikiasi teknisnya, saya yakin Mirage akan kompetitif di kelasnya,” ujar Direktur Teknik FBRT Wiewie Rianto yang juga mantan pembalap nasional.

KTB mengaku sangat antusias untuk melihat performa Mirage di kancah balapan. Hal itu sekaligus untuk meningkatkan brand awareness Mirage yang masuk pasar Indonesia pada 2012 dan menyabet predikat Indonesian Car of The Year 2013 dikelas City Car yang penghargaannya diserahkan langsung oleh Menteri BUMN Dahlan Iskan.

“Sentuhan balapnya kami serahkan sepenuhnya pada FBRT. Pengalaman panjang para teknisi dan reputasi para pembalapnya sudah terbukti. Subhan Aksa tiga kali juara Indonesia dan masuk 5 besar kejuaraan dunia FIA-PWRC 2012," kata Head of MMC & MFTBC PT KTB, Intan Vidiasari.

"Akbar pun tahun lalu jadi juara nasional. Keduanya pakai Mitsubishi. Artinya, tim ini sudah sangat familiar dengan teknologi Mitsubishi. Mereka sudah paham bagaimana membangunnya untuk kepentingan kompetisi,” kata Intan.

Saat ini kedua unit Mirage itu berada di markas FBRT untuk dimodifikasi, namun belum akan disertakan dalam lomba terdekat seri kedua Kejurnas Sprint Rally 2014 di Sirkuit Paramount, Gading Serpong, Banten, 14-15 Juni 2014.

Wiewie memastikan Mirage hadir pada seri berikutnya dengan pilot yang akan ditentukan kemudian. Para punggawa FBRT yang bakal meramaikan reli mobil jarak pendek itu, antara lain Subhan Aksa dengan pacuan favoritnya Mitsubishi Lancer Evolution X.

Itu sebagai pemanasan untuk tampil di kejuaraan dunia FIA-WRC2 yang ia lakoni sejak musim 2013.

“Soal target, dari KTB tak ada yang khusus. Rekan-rekan di FBRT yang akan tentukan target di Sprint Rally ataupun Slalom Test nantinya. Kami yakin mereka selalu ingin tampil the best,” imbuh Intan.
Pewarta: Suryanto
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014