Bibit pohon cengkih bantuan tersebut bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) dan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD),
Manado (ANTARA News) - Pemerintah membantu 129.750 bibit pohon cengkih bagi petani di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) di tahun 2014.

"Bibit pohon cengkih bantuan tersebut bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) dan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD)," kata Kepala Dinas Perkebunan Sulut Jenny Karouw di Manado, Sabtu.

Rincian pendanaannya, kata Jenny sebanyak 104.000 berasal dari dana APBD dan 9.750 dari APBN.

Untuk program peningkatan ketahanan pangan dan kegiatan pengembangan perbenihan disiapkan sebanyak 101.000 pohon yang akan disebarkan di daerah sentra perkebunan cengkih.

Selain itu, kata Jenny, program perluasan areal dan pengelolaan lahan perkebunan untuk konservasi lahan di beberapa kabupaten/kota sebanyak 4.000 pohon cengkih dan sebanyak 9.750 pohon untuk program peningkatan produksi produktifitas dan mutu tanaman penyegar rehabilitasi cengkih di Sulut.

"Dengan adanya bantuan bibit pohon cengkih tersebut diharapkan produktifitas akan semakin tinggi," katanya.

Hasil produksi cengkih Sulut saat panen raya terakhir tahun 2010 sebanyak 22.000 ton, namun tahun ini diperkirakan jauh mersot, karena adanya gangguan cuaca ekstrim.
(K005/G004)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014