Montmelo (ANTARA News) - Pebalap Spanyol Dani Pedrosa, yang membela tim Honda, menghuni posisi start terdepan untuk Moto GP Katalunya Minggu ketika ia mengungguli pebalap Yamaha Jorge Lorenzo dan rekan setimnya yang merupakan pemuncak klasemen Marc Marquez, pada Sabtu.

Ini merupakan posisi start terdepan ke-45 bagi mantan juara dunia kategori 250 cc itu dan yang ke-26 kali di Moto GP, ketika ia mencatatkan waktu 1 menit 40, 958 menit untuk mengungguli dua kompatriotnya, Lorenzo, dengan kunggulan 0,115 detik, dan Marquez, yang mengejar kemenangan beruntun ketujuhnya, sebanyak 0,150 detik.

Marquez menjadi pebalap pertama sejak pebalap Italia Valentino Rossi pada 2002 yang memenangi enam balap secara beruntun, ketika ia mengalahkan Lorenzo di Grand Prix Italia di Mugello pada 1 Juni.

Ia akan menggenggam keunggulan 53 angka atas Rossi menjelang balap Minggu di Sirkuit Montmello, sedangkan Pedrosa hanya tertinggal satu angka di ketiga peringkat klasemen pebalap.

Pebalap Jerman Stefan Bradl akan memimpin baris kedua ketika ia mencatatkan waktu tercepat peringkat keempat yakni tertinggal 0,235 detik dengan Honda LCR, dengan Rossi berada di sebelahnya.

Pebalap Spanyol lainnya, Aleix Espargaro, yang mencatatkan waktu tercepat pada sesi latihan Jumat dengan Yamaha Forwardnya, melengkapi baris kedua.

Pada kualifikasi untuk Grand Prix Moto2, Spanyol meneruskan dominasinya pada akhir pekan ini ketika Esteve Rabat membawa sepeda motor Kalexnya untuk start dari posisi terdepan.

Sang pemuncak klasemen mencatatkan posisi start terdepan kelimanya musim ini, dan unggul atas rekan setimnya yang berasal dari Finlandia Mika Kallio dengan selisih 0,571 detik, sedangkan pebalap Spanyol Maverick Vinales melengkapi baris terdepan dengan selisih 0,623 detik, juga dengan Kalex.

Sebelumnya, adik kandung Marquez yakni Alex, mencatatkan rekor waktu tercepat di trek dengan Hondanya untuk menghuni posisi start terdepan di Grand Prix Moto3, dengan catatan waktu 1 menit 50, 232 detik.

Pebalap 18 tahun ini menorehkan waktu tercepatnya dengan keunggulan 0,618 detik atas pebalap Italia yang memperkuat KTM Enea Bastianini.62 detik

Pebalap Spanyol Alex Rins, dengan Honda kedua, tertinggal 0,062 detik untuk melengkapi baris pertama, demikian AFP.

(H-RF)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014