Jakarta (ANTARA News) - Claudio Marchisio dan Daniel  Sturridge saling berbalas gol hanya dalam kurun dua menit untuk mengakhiri pertandingan babak pertama laga perdana Italia vs Inggris di Grup D Piala Dunia di Arena Amazonia, Manaus, Brasil, Minggu pagi ini dengan skor imbang 1-1.

Marchisio mencetak gol pada menit 35 lewat aransemen Andrea Pirlo yang menipu barisan pertahanan Inggris untuk memberi peluang Marchisio melepaskan tendangan keras menyusul sepak pojok Antonio Candreva.

Namun dua menit kemudian pada menit 37, Wayne Rooney menusuk dari sisi kanan pertahanan Italia untuk melepaskan umpan tarik kepada Sturidge yang dengan telak dilesakkannya ke gawang Italia dan tak bisa dihalau Salvatore Sirigu.

Italia hampir menambah keunggulan pada menit-menit terakhir jika saja sontekan indah Mario Balotelli tidak diselamatkan tandukan Leighton Baines ketika bola sudah tak bisa dijangkau lagi oleh kiper Joe Hart.

Italia sempat kembali mengancam ketika Pirlo lagi-lagi mengkreasi peluang untuk Candreva yang nyaris berbuah gol.

Pada babak ini, Italia mendominasi dengan 60 persen penguasaan bola dan melepaskan 23 serangan berbahaya serta delapan kali menciptakan peluang gol.

Italia juga unggul dalam melepaskan umpan dengan 370 umpan, sedangkan Inggris 178, demikian situs FIFA.

Andrea Pirlo benar-benar menjadi penentu irama permainan dan kreator utama peluang gol Italia dengan tingkat akurasi umpan 92,86 persen dan melepaskan 17,5 persen dari total umpan priode awal pertandingan.

Inggris sendiri tampil ofensif dan berupaya membongkar pertahanan Italia sejak awal babak pertama dengan Sturridge dan Jordan Henderson mengancam gawang Sirigu pada lima menit pertama babak pertama.  Tapi berkat kecemerlangan Sirigu, gawang italia selamat dari kebobolan.

Sebaliknya, Inggris juga sering direpotkan oleh tusukan-tusukan Italia yang diantaranya oleh gerakan kreatif Candreva selain Balotelli yang beberapa kali mengancam gawang Jjoe Hart, termasuk pada menit 19 saat Hart menjinakkan tendangan Candreva.

Susunan pemain
Inggris
: Joe Hart (PG), Glen Johnson, Leighton Baines, Gary Cahill, Phil Jagielka, Steven Gerrard (K), Jordan Henderson, Raheem Sterling, Danny Welbeck, Wayne Rooney, Daniel Sturridge

Italia: Salvatore Sirigu (PG), Giorgio Chiellini, Matteo Darmian, Andrea Barzagli, Gabriel Palleta, Andrea Pirlo (K), Daniel De Rossi, Marco Verrati, Antonio Candreva, Claudio Marchisio, Mario Balotelli


Pewarta: *
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014