Cilacap (ANTARA News) - Pertamina Refinery Unit (RU) IV Cilacap, Jawa Tengah, meningkatkan produksi premium guna mengantisipasi peningkatan kebutuhan masyarakat menjelang bulan Ramadhan dan Lebaran 2014.

"Menjelang bulan Ramadhan dan Lebaran 2014, sudah dipastikan bahwa konsumsi BBM (Bahan Bakar Minyak) masyarakat Indonesia akan semakin meningkat. Oleh karena itu, PT. Pertamina (Persero) berupaya mengantisipasi kenaikan konsumsi masyarakat dan kelangkaan BBM melalui penyediaan stok produksi BBM yang cukup mengakomodasi kedua hal tersebut," kata Officer Supply Chain and Distribution Pertamina RU IV, Djoko Sulistyo, di Cilacap, Senin.

Dalam hal ini, kata dia, produksi premium Pertamina RU IV pada bulan Juli akan ditingkatkan menjadi 290,481 kiloliter per hari atau naik 25,901 kiloliter dari produksi bulan Juni 2014 yang sebesar 264,580 kiloliter per hari.

Akan tetapi untuk produksi solar pada bulan Juli, lanjut dia, hanya sebesar 373,431 kiloliter per hari atau turun 37,343 kiloliter dari bulan Juni yang sebesar 410,774 kiloliter per hari.

Menurut dia, jumlah BBM yang diproduksi oleh Pertamina RU IV tersebut merupakan jumlah yang telah ditetapkan oleh korporat secara nasional.

Ia mengatakan bahwa PT. Pertamina (Persero) yang memiliki enam unit pengolahan telah mengatur pembagian produksi BBM di setiap refinery unit untuk dapat menyokong kebutuhan konsumsi BBM masyarakat secara merata di seluruh Indonesia.

Dengan adanya pembagian volume produksi BBM, kata Djoko, telah terjadi sinergi di seluruh unit pengolahan Pertamina.

"Stok produksi BBM yang direncanakan Pertamina RU IV selama bulan Juni dan Juli 2014 tersebut telah memperhitungkan permintaan konsumsi BBM masyarakat yang diperkirakan akan meningkat. Pertamina telah melakukan prediksi analisis dan mengkomunikasikan rencana produksi BBM agar sesuai dengan tingkat konsumsi pada bulan Ramadhan dan menjelang lebaran sehingga dapat dipastikan kebutuhan nasional terpenuhi," katanya.

Dia mengharapkan dengan adanya rencana produksi BBM yang telah mempertimbangkan prediksi konsumsi masyarakat dapat mencukupi kebutuhan BBM selama bulan Ramadhan dan Lebaran 2014. (*)

Pewarta: Sumarwoto
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2014