Salvador, Brasil (ANTARA News) - Trigol dari Thomas Mueller dan satu gol Mats Hummels membawa Jerman menghancurkan Portugal 4-0 dalam laga perdana Grup G Piala Dunia di Arena Fonte Nova, Salvador, Brasil, Senin malam ini.

Gol pertama Jerman tercipta pada menit 12 dari sebuah tendangan penalti yang dilepaskan Mueller menyusul pelanggaran terhadap Mario Goetze oleh Joao Pereira yang diganjar kartu kuning karena sengaja mengambil kaki Goetze.

Ini adalah ke-60 kalinya Jerman mencetak gol pada laga pembukanya dalam Piala Dunia sekaligus memecahkan rekor sebelumnya 59 kali yang dipegang Brasil.

Tiga menit kemudian Portugal harus menarik strikernya, Hugo Almeida, yang cedera karena bertabrakan dengan Mart Hummels. Dia kemudian digantikan Ederzito Antonio Macedo Lopes yang biasa disapa Eder.

Jerman menggandakan keunggulannya pada menit 32 setelah Mats Hummels melepaskan sundulan keras menyambut bola melengkung hasil sepakan Toni Kross dari tendangan penjuru masuk.

Bencana besar menimpa Portugal ketika pada menit 37 bek tengah Pepe yang sentral perannya bagi pertahanan timnya, diusir ke luar lapangan setelah memprovokasi Mueller sehabis melanggar keras penyerang Jerman itu.

Ketika timnya tertinggal 0-2, tindakan Pepe ini jelas merugikan timnya. Lalu satu menit setelah waktu normal 45 menit, Mueller menciptakan gol keduanya usai memanfaatkan umpan, lagi-lagi dari Toni Kroos. Bruno Alves gagal menghalau pemain Bayern ini yang tak ragu melepaskan tembakan keras yang tak bisa dihalau kiper Rui Patricio.

Meksi dengan defisit satu pemain, Portugal berusaha menipiskan ketertinggalan pada babak kedua, namun beberapa kali gagal, bahkan harus kehilangan Fabio Contreao yang harus digantikan karena cedera.

Setelah serangkaian serangannya gagal, Jerman akhirnya menciptakan gol pamungkas yang sekaligus gol ketiga Mueller pada menit 78.

Mueller sukses memaksimalkan umpan pemain pengganti Andre Schurrle yang sempat ditepis Patricio namun kembali ke kaki Mueller yang tak ragu dia ceploskan ke gawang Portugal tanpa bisa lagi dihalau Patricio.

Berdasarkan catatan FIFA, Jerman mendominasi penguasaan bola dengan 54 persen dan melancarkan 40 serangan berbahaya ketimbang 38 kali yang diciptakan Portugal padahal pada babak kedua ini pincang kekuatannya akibat diusirnya Pepe.

Kendati kekurangan satu pemain, Portugal unggul dalam menciptakan total upaya dengan perbandingan 14 melawan 13, namun hanya 4 yang mengarah ke area penalti, sedangkan Jerman tujuh kali.

Jerman juga menguasai akumulasi umpan dengan 448, sedangkan Portugal 347 kali, tetapi akibat  pertandingan ini, tidak saja menelan kekalahan besar 0-4, Portugal juga akan kehilangan tiga pemainnya untuk laga mendatang menyusul kartu merah Pepe, dan cederanya Hugo Almeida dan Fabio Coentrao.

Ini juga kekalahan Portugal keempat berturut-turut Portugal dari Jerman pada turnamen besar setelah kalah dalam memperebutkan tempat ketiga pada Piala Dunia 2006, dan pada Piala Eropa 2008 serta 2012.

Susunan pemain:
Jerman
: Manuel Neuer; Jerome Boateng, Mats Hummels (Shkhodran Mustafi), Per Mertesacker, Benedikt Hoewedes; Philipp Lahm, Sami Khedira; Mesut Ozil (Andre Schurrle), Toni Kroos, Mario Goetze; Thomas Mueller (Lukas Podolski)
Pelatih: Joachim Loew (Jerman)

Portugal: Rui Patricio; Joao Pereira, Bruno Alves, Pepe, Fabio Coentrao (Andre Almeida); Joao Moutinho, Miguel Veloso (Ricardo Costa), Raul Meireles; Cristiano Ronaldo, Hugo Almeida (Eder), Nani
Pelatih: Paulo Bento (Portugal)



Pewarta: Okta Antikasari
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014