... penanganan banjir di Tokyo dan beberapa kota lainnya di Jepang taktis dan efektif... "
Bandung (ANTARA News) - Kota Bandung akan meniru sitem penanganan banjir di Tokyo dan kota-kota lain di Jepang.

"Sistem penanganan banjir di Tokyo dan beberapa kota lainnya di Jepang taktis dan efektif, kami akan menerapkannya di Bandung, tentu disesuaikan kondisi di sini," kata Wali Kota Bandung, H Ridwan Kamil, di Kota Bandung, Selasa.

Selama kunjungannya ke Jepang, pekan lalu, ia mempelajari sistem penanganan banjir di Tokyo yang telah dioperasikan secara komputerisasi. Perangkat pemantau banjir yang dilengkapi dengan CCTV ditempatkan di seluruh sungai di kota itu.

"Bila air tinggi maka akan terpantau secara otomatis dan memberi peringatan bagi warga di lokasi banjir, semuanya dioperasikan secara canggih dan terkomputerisasi," kata dia.

Untuk di Kota Bandung, kata dia tentu akan disesuaikan dengan karakter dan kondisi penyebab banjir yang ada di kota kembang itu. Namun ia mengaku telah mendapat pengalaman berharga dari kunjunganya itu.

"Tentunya tidak bisa diadopsi semuanya, akan disesuaikan," katanya.

Ia menyebutkan, kunjungan ke luar negeri yang dilakukannya itu dalam rangka menghidupkan kembali jaringannya yang sempat terputus setelah dirinya menjadi Wali Kota Bandung.

"Sebelum jadi wali kota saya sudah membangun jaringan internasional, namun setelah jadi wali kota pengembangan jaringan itu berkurang, dan kini dihidupkan lagi," kata dia.

Pewarta: Syarif Abdullah
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2014