Baghdad (ANTARA News) - Sedikitnya 12 orang tewas dan 47 orang lagi cedera dalam beberapa ledakan bom terpisah di Ibu Kota Irak, Baghdad, Selasa (17/6), kata satu sumber polisi.

Tujuh warga sipil tewas dan 31 orang lagi cedera ketika satu bom mobil meledak di dekat satu pasar di Kota Sadr, yang kebanyakan warganya penganut Syiah di Baghdad Utara.

Ledakan kuat menghancurkan beberapa toko dan merusakan beberapa mobil di dekatnya, kata sumber tersebut --yang tak ingin disebutkan jatidirinya.

Dalam kejadian terpisah, satu bom meledak di Baghdad Tengah, menewaskan tiga orang dan melukai sembilan orang lagi, kata Xinhua.

Seorang warga sipil tewas dan lima lagi cedera ketika dua bom meledak di dekat Jembatan Sinak di bagian tengah Baghdad.

Selain itu, seorang prajurit militer Irak tewas dan dua lagi cedera ketika satu bom pinggir jalan meledakkan patroli tentara di Daerah Zaidan, 20 kilometer sebelah barat ibu kota Irak.

Serangan itu dilancarkan di tengah gempuran serangan gerilyawan selama satu pekan; dalam serangan tersebut gerilyawan telah merebut banyak wilayah di Irak Utara.

Irak menyaksikan sebagian kerusuhan terburuknya dalam beberapa tahun belakangan. Menurut Misi Bantuan PBB untuk Irak, sebanyak 9.000 orang Irak tewas selama 2013, jumlah korban jiwa tahunan paling banyak selama beberapa tahun.

(Uu.C003)


Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2014