Singapura (ANTARA News) - PT XL Axiata Tbk (XL), perusahaan telekomunikasi tebesar ke dua di Indonesia, meluncurkan layanan pengisian ulang pulsa prabayar melalui kartu kredit berlogo Visa, yang merupakan jenis layanan pertama di Tanah Air.

"Layanan ini memungkinkan pelanggan mengisi ulang pulsa secara aman dan cepat langsung dari ponsel atau PC mereka menggunakan kartu kredit atau debit Visa yang diterbitkan oleh bank penerbit di Indonesia," kata Presiden Direktur XL, Hasnul Suhaimi saat penandatanganan kemitraan dengan Visa Worldwide tersebut di Singapura, Rabu.

Hasnul Suhaimi mengatakan inovasi tersebut memudahkan penggunanya bertransaksi di mana dan kapan saja tanpa harus membawa kartu kredit atau debitnya. Saat ini berdasarkan data dari Asosiasi Kartu Kredit Indonesia (AKKI), jumlah pengguna kartu kredit mencapai lebih dari 16 juta orang.

Melalui layanan baru pengisian pulsa ini XL berharap dapat memberikan kemudahan lebih bagi konsumen. Tidak hanya melalui cara konvensional, ATM, ataupun merchant-merchant lain seperti supermarket, kini isi pulsa juga bisa melalui kartu kredit atau debit.

"Dengan penambahan electronic channel ini, kami juga berharap akan dapat menjangkau dan memberikan kemudahan bagi pelanggan kami yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia," ujarnya.

Layanan isi ulang ini dapat digunakan oleh pelanggan smartphone maupun feature phone yang memiliki koneksi internet dan browser di dalamnya mulai tanggal 1 Juli 2014.

Untuk dapat melakukan isi ulang, pelanggan cukup mengakses website atau aplikasi MyXL, memilih "Isi Pulsa", dan melanjutkan instruksi yang diberikan. Bagi Pelanggan yang belum melakukan registrasi, akan diminta untuk menuliskan nomor kartu kredit sebelum menentukan jumlah pulsa yang akan dibeli.

Proses pembelian hanya berlaku untuk satu kali transaksi isi ulang (one time reload) dan pembelian pulsa akan dipotong langsung dari dana atau limit kartu. Pelanggan dapat mengisi pulsa dengan denominasi mulai dari Rp25.000 hingga Rp200.000. Pulsa juga dapat ditujukan ke nomor XL lain selain pemilik kartu kredit.

Sementara bagi pelanggan yang sudah melakukan registrasi, cukup memasukkan M-Pin (Personal Identification Number) sebagai validasi.

Kerja sama itu juga menawarkan layanan isi pulsa otomatis atau pengisian secara berkala. Dengan cara yang sama pelanggan tinggal memilih menu "Isi Pulsa Otomatis" dan mengikuti instruksi yang diberikan.

Sementara Presiden Direktur PT Visa Worldwide Indonesia, Ellyana Fuad menjelaskan layanan ini memungkinkan pelanggan XL melakukan isi pulsa untuk XL prabayar dengan menggunakan kartu Visa melalui aplikasi atau website MyXL ketimbang harus ke toko atau ATM.

"Pelanggan XL sekarang bisa menikmati kemudahan dan keamanan lebih yang diberikan oleh Visa dan tidak perlu lagi khawatir kehabisan pulsa," katanya.

(F004/S004)

Pewarta: Faisal Yunianto
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014