Washington (ANTARA News) - Aktor Leonardo DiCaprio menyumbangkan dana tujuh juta dolar AS untuk mendukung "proyek-proyek konservasi bermakna" selama dua tahun ke depan lewat yayasannya.

Dalam konferensi kelautan di Washington, Selasa (17/6), dia juga menyerukan gerakan untuk mengendalikan "penjarahan samudera dan sumber daya vitalnya."

"(Saya) di sini sebagai warga planet yang peduli yang yakin bahwa ini adalah masalah terpenting saat ini," katanya seperti dilansir laman Female First.

"Yang kita perlukan adalah gerakan berkelanjutan dan kepemimpinan politik yang berani. Kita tidak bisa hanya menjadi pengamat dalam skenario pra-kehancuran," tambahnya.

Aktor berusia 39 tahun ini pun sempat mengungkapkan kesedihannya tentang perubahan yang terjadi pada Great Barrier Reef di Australia dalam beberapa tahun terakhir.

"Sejak penyelaman pertama saya di Great Barrier Reef di Australia 20 tahun lalu sampai saya kembali ke tempat yang sama dua tahun lalu, saya menyaksikan sendiri kerusakan lingkungan yang terjadi," ungkapnya.

"Apa yang dahulu tampak seperti sebuah utopia bawah air tak berujung kini hanya dipenuhi terumbu karang yang memutih dan zona mati yang masif," tambahnya.


Penerjemah: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2014