Kami percaya, produk yang berasal dari material dengan kualitas terbaik pengganti kayu ini akan semakin berkembang di Indonesia...
Bekasi (ANTARA News) - Direktur Jenderal Basis Industri Manufaktur Kementerian Perindustrian, Harjanto, meresmikan pabrik PT Conwood Indonesia di Kawasan Industri Jababeka, Cikarang, Bekasi.

"Kami ingin mengucapkan selamat kepada PT Conwood Indonesia. Setelah masuk ke Indonesia sejak 2012, saat ini sudah ada 15 distributor produk Conwood di enam provinsi di Indonesia," kata Dirjen BIM Kemenperin, Harjanto, di Bekasi, Kamis.

Harjanto mengatakan, pemerintah Indonesia mengapresiasi perusahaan berteknologi modern dari Swiss tersebut atas formulasi produk pengganti kayunya yang berasal dari bahan 70 persen semen dan 30 persen fibre cellulose.

Menurutnya, kedua bahan baku berasal dari Indonesia, di mana semennya berasal dari Holcim dan fibre cellulose merupakan campuran bubur kertas dan bahan kardus.

"Kami percaya, produk yang berasal dari material dengan kualitas terbaik pengganti kayu ini akan semakin berkembang di Indonesia pada masa yang akan datang," kata Harjanto.

Direktur Komersial PT Conwood Indonesia Chitpan Tandavanitj mengatakan tujuan dibangunnya pabrik Conwood di Indonesia adalah untuk memenuhi tingginya kebutuhan pasar akan produk pengganti kayu.

"Conwood juga turut berkontribusi dalam mengurangi penebangan pohon serta memperluas pangsa pasar Conwood di Indonesia," kata Chitpan.

Peletakan batu pertama pembangunan pabrik ini telah dilakukan awal 2013, dengan investasi pembangunan pabrik di lahan seluas delapan hektar Pabrik tersebut membuat dua line produksi dengan kapasitas produksi 36.600 ton per tahun atau 3.000 ton per line per bulan, yang rencananya akan dibangun tiga line tambahan di Jawa Timur. (*)

Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2014