Telkom memang tengah mengembangkan paradigma baru dalam berbisnis yaitu internet dan pengembangan aplikasi berbasis web.
Makassar (ANTARA News) - PT Telkom memperkenalkan aplikasi yang mendukung pengembangan UMKM kepada puluhan pelaku UMKM di Kota Makassar, Kamis.

"Saat ini Telkom memang tengah mengembangkan paradigma baru dalam berbisnis yaitu internet dan pengembangan aplikasi berbasis web," kata Hamka Hasan, Staf Telkom Solution.

Aplikasi yang diberi nama Bostoko.com ini diperkenalkan dalam pelatihan bagi pelaku usaha kecil mikro menengah. Penggunaan aplikasi ini dapat memudahkan pelaku usaha untuk mengontrol transaksi keuangan, pelaporan hingga mengetahui kondisi stok barang.

"Dengan aplikasi ini, semua informasi toko seperti pembelian barang dan pengelolaan stok semua dapat terekam dan informasinya dapat diakses pemilik dimanapun secara online," ujarnya.

Menurut Area Manager Wilayah Divisi Kredit UKM Bank Mega Syariah Makassar Mursalim Tanda, aplikasi ini akan sangat bermanfaat bagi pelaku usaha mikro dan kecil.

"Untuk memperoleh kredit usaha agar usaha mikro bisa naik kelas menjadi usaha kecil, pencatatan, dalam hal ini laporan keuangan adalah salah satu kunci penting dan dengan aplikasi ini pelaporan keuangan dapat dilakukan dengan lebih mudah" kata Mursalim.

Menurut Yeni, salah seorang peserta pelatihan, dirinya sangat tertarik untuk memanfaatkan aplikasi ini.

"Saya rasa aplikasi ini sangat menarik karena memungkinkan kita mengontrol dan mengawasi usaha dimanapun kita berada, saya harap aplikasi ini dapat dikembangkan sehingga pemilik usaha jasa juga dapat memanfaatkannya" kata Yeni.

Aplikasi Bostoko.com dikembangkan oleh Telkom dengan mengenakan biaya Rp100 per transaksi atau maksimum Rp300 ribu perbulan. Aplikasi ini user friendly sehingga pengguna dapat mensettingnya sendiri namun juga dapat menghubungi pihak Telkom jika terkendala.

(KR-RY/S004)

Pewarta: Riesmawan Yudhatama
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2014