Jakarta (ANTARA News) - Menteri Perindustrian MS Hidayat membuka Rapat Kerja Nasional (Rakernas) ke-16 Himpunan Kawasan Industri Indonesia (HKI) di Jakarta, Kamis.

Pada kesempatan itu, Menteri memaparkan pentingnya pengembangan kawasan industri karena dinilai sebagai upaya strategis dalam mendorong tumbuhnya pusat-pusat pertumbuhan industri.

"Oleh karena itu, Kementerian Perindustrian terus berupaya melakukan pemerataan dan penyebaran sektor industri melalui pembangunan kawasan industri khususnya ke luar Pulau Jawa," kata MS Hidayat di hadapan ratusan anggota HKI di Jakarta, Kamis.

Sementara itu, Ketua Umum HKI Sanny Iskandar mengatakan tumbuh kembangnya industri di suatu daerah sangat tergantung dari kebijakan nasional, seperti pengembangan sumber daya, sarana dan prasarana, serta penggembangan perwilayahan.

"Oleh sebab itu pemerintah perlu membuat skala prioritas pembangunan dengan mempertimbangkan pusat-pusat pertumbuhan ekonomi di setiap daerah," kata Sanny.

Jumlah Kawasan Industri di Indonesia hingga saat ini berjumlah 63. Hampir 70 persen di antaranya berada di Pulau Jawa. Selebihnya ada di Pulau Sumatera, Sulawesi dan Kalimantan.

Lebih lanjut, Menteri MS Hidayat berharap para peserta rakernas dapat berkontribusi  melakukan peningkatan daya saing kawasan industri sebagai upaya mendorong pertumbuhan sektor industri dan perekonomian nasional.

"Selain itu, diharapkan juga peran dan dukungan seluruh pemangku kepentingan khususnya para pengembang dan pengelola kawasan industri dalam upaya terus mendorong pertumbuhan sektor industri nasional," kata Menperin.

Pewarta: Ida Nurcahyani
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014