... cuaca sangat buruk menghalangi pencarian... "
Los Angeles (ANTARA News) - Jasad 17 personel militer Amerika Serikat yang hilang dalam kecelakaan pesawat militer pada 1952 di Alaska, telah ditemukan lebih dari enam dekade kemudian, kata beberapa pejabat, Rabu.

Sebanyak 35 jasad lagi masih hilang dan sedang dicari di tempat jatuhnya pesawat di negara bagian baratlaut Amerika Serikat  itu, menurut Departemen Pertahanan dalam satu pernyataan.

Pesawat Douglas C-124 Globemaster jatuh pada 22 November 1952 dalam penerbangan dari negara bagian Washington ke Pangkalan Udara Elmendorf, di Alaska, membawa 41 penumpang dan 11 awak.

"Kondisi cuaca sangat buruk menghalangi pencarian. Pada penghujung November dan awal Desember 1952, tim-tim pencari tak mampu menemukan lokasi dan para personel itu," demikian pernyataan itu.

Pada Juni 2012, satu helikopter Penjaga Nasional Alaska menemukan puing-puing selagi berlatih di kawasan itu, sebelah barat Gunung Gannett, dan pencarian-pencarian membenarkan puing-puing itu berasal dari pesawat yang jatuh pada 1952.

Dikatakan, para pakar Departemen Pertahanan dari Laboratorium Identifikasi DNA (AFDIL) milik militer Amerika Serikat menggunakan alat-alat forensik dan bukti dalam identifikasi 17 personel itu.

Usaha-usaha terus dilakukan untuk menemukan jasad para personel yang masih hilang dan tempat jatuhnya pesawat tersebut akan terus dipantau.

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2014