Jakarta (ANTARA News) - Hasil pertandingan Inggris melawan Uruguay di Grup D membuat Inggris belum mendapatkan satu pun poin, sedangkan Italia, Kosta Rika dan Uruguay sudah mengemas tiga poin.

Namun, jika Italia mengalahkan Kosta Rika dan Uruguay, maka Inggris masih berpeluang lolos ke 16 Besar.

Gelandang dan kapten timnas Inggris Steven Gerrard mengakui timnya kini memang harus mengandalkan Italia.

"Italia adalah tim yang fantastis yang mampu memenangi kedua pertandingan, namun kami di ujung tanduk. Adalah posisi yang tidak kami inginkan saat memasuki turnamen ini, (yakni) tergantung kepada orang lain," kata Gerrard seperti dikutip AFP.

Gerrard masih terpukul akibat kekalahan menyesakkan dada itu.

"Ini momen yang sungguh sulit bagi semua orang di ruang ganti namun kami mesti profesional dan terus berjuang serta bermain demi sejumput harapan," kata Gerrard.

Sembari menolak membahas masa depannya bersama timnas, Gerrard menegaskan Inggris sebenarnya pantas mendapatkan hasil yang baik dari dua pertandingan yang sudah dijalani mereka.

Pada pertandingan pertama melawan Italia, pasukan asuhan Roy Hodgson tampil mengesankan meskipun kalah 1-2.

"Kami akan menganalisis pertandingan tersebut setelah ini, namun sebenarnya itu mudah saja," kata Gerrard. "Pada tingkat ini Anda tak boleh memberi peluang kepada para pemain kelas dunia dan ketika Anda masih memiliki pertandingan maka Anda perlu lebih sulit lagi untuk dikalahkan."

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014