Aku tumbuh besar di Doncaster dan merasakan kecintaan pada sepak bola di kota ini
London, Inggris (ANTARA News) - Personil boyband One Direction, Louis Tomlinson, telah menyepakati kontrak dengan mantan pimpinan Doncaster Rovers, John Ryan, untuk bersama-sama mengambil alih kepemilikan klub yang berlaga di kompetisi kasta ketiga sepak bola Inggris, League One, itu.

Tomlinson (22) merupakan kelahiran Doncaster dan mengaku menggemari Rovers sejak kecil bahkan sempat bermain untuk tim lapis kedua mereka melawan Barnsley pada awal tahun 2014.

Pernyataan resmi di situs klub menyebutkan alih kepemilikan itu akan dirampungkan pada 18 Juli 2014.

Selain itu disebutkan pula Tomlinson-Ryan akan bekerja sama dengan pelatih Paul Dickov untuk merekrut target transfer yang diharapkan berdampak langsung terhadap performa klub.

Akan tetapi bagaimana transfer itu dibiayai tergantung dari keberhasilan skema "patungan" yang diluncurkan Tomlinson-Ryan di London, Kamis waktu setempat.

Keduanya ingin agar para penggemar serta pecinta sepak bola untuk menyisihkan sejumlah uang demi mencapai dana hingga dua juta poundsterling untuk menyokong ambisi mereka bagi klub tersebut.

Iuran Tomlison-Ryan yang diusung keduanya akan menambahkan dana sebesar enam digit yang masih belum dapat dipastikan sebagai bagian dari kampanye untuk "memperlihatkan komitmen dan mendorong penggemar ambil bagian dalam perjalanan klub".

"Bagiku, ini semua tentang sepak bola, komunitas dan mengembalikan hasrat serta rangsangan untuk menjadikan Doncaster Rovers sebagai tim paling bergairah di wilayah Yorkshire," kata Tomlinson.

"Aku ingin melihat para penggemar Doncaster Rovers membawa klub pada kesuksesan yang pantas mereka dapatkan. Aku tumbuh besar di Doncaster dan merasakan kecintaan pada sepak bola di kota ini, itu alasan personal utama yang membuatku bersemangat menjadikan Doncaster Rovers sebagai sebuah kisah sukses."

"Ini langkah besar yang kupercaya dapat membuka kesempatan untuk menghadirkan masa depan yang menggembirakan bagi klub maupun para penggemar," tambahnya.

Sementara itu, Ryan yang mengakhiri 15 tahun perjalanannya bersama klub pada tahun lalu itu, kemungkinan akan lebih aktif terlibat dalam pengelolaan klub dibandingkan Tomlinson.

Pebisnis itu sempat membawa Doncaster merangsek naik dari klub nonliga menjadi peserta Divisi Championship (setara kasta kedua, di bawah Liga Utama Inggris), sekaligus memindahkan kandang mereka dari Belle Vue ke Keepmoat Stadium.

Negosiasi alih kepemilikan sempat terhambat lantaran hak penggunaan citra Tomlinson, yang dimiliki tim manajemen One Direction dan membuat klub wajib membagi sebagian uang yang dihasilkan dari penggunaan nama serta citra Tomlinson.

Tomlinson direkrut Doncaster pada awal musim lalu untuk mengumpulkan dana bagi Yayasan Anak-anak Yatim Piatu Bluebell Wood dan masuk sebagai pemain pengganti tim lapis kedua di hadapan hampir 10 ribu penggemar pada Februari 2014.

Sedangkan Ryan (52) juga sempat bermain untuk Doncaster, kala itu dia memasukkan dirinya sebagai pemain pengganti saat menang 4-2 atas Hereford, yang berlangsung setelah timnya memastikan promosi dari Divisi Conference (semiprofesional) pada 2003 silam.

Penerjemah: Gilang Galiartha
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2014