Jakarta (ANTARA News) - Menteri Perindustrian MS Hidayat meresmikan pencapaian ekspor komponen kendaraan atau CKD (complete knock down) PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) untuk kontainer pengiriman yang ke-100.000.

"Saya menyampaikan selamat kepada PT TMMIN atas diselenggarakannya peresmian ekspor CKD kontainer ke-100.000 ini. Hal ini merupakan sebuah capaian yang cukup membanggakan bagi kita semua," kata MS Hidayat dalam acara pelepasan kontainer ekspor CKD Toyota ke-100.000 di Jakarta, Jumat.

Hidayat menyampaikan Kementerian Perindustrian akan terus mendorong pengembangan industri otomotif nasional dalam negeri maupun ekspor.

Oleh karena itu, kata dia, industri otomotif dalam negeri perlu memiliki struktur industri yang kuat dengan didukung oleh industri komponen dan sumber daya manusia yang andal.

Selanjutnya, Menperin berharap agar PT TMMIN terus memberdayakan industri komponen lokal dan meningkatkan kemampuan sumber daya manusia yang ada agar produk kendaraan bermotor yang dihasilkan semakin berdaya saing tinggi di pasar dalam negeri maupun ekspor.

"Hingga saat ini, produk otomotif dalam negeri telah diekspor ke lebih dari 80 negara tujuan ekspor di dunia. Capaian itu menunjukkan bahwa kendaraan bermotor yang diproduksi di Indonesia telah memiliki kualitas yang dapat diandalkan sehingga mampu diterima dengan baik di pasar global," ujarnya.

Berdasarkan data Kemenperin, ekspor kendaraan utuh (CBU) pada 2013 mencapai 170.000 unit, yakni meningkat 26,5 persen dibandingkan pada 2012 yang hanya mencapai 125.000 unit.

Sementara itu, ekspor produk komponen kendaraan bermotor (CKD) pada 2013 mencapai 105.000 unit, atau meningkat 4,76 persen dibandingkan pada 2012 yakni sebesar 100.000 unit.

"Dengan terus memperkenalkan produk unggulan dalam negeri serta semakin meningkatnya kualitas produk otomotif nasional secara umum, maka saya yakin ekspor produk otomotif nasional ke depan akan terus meningkat," ujar Menperin.

Pewarta: Yuni Arisandy Sinaga
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014