Salvador, Brasil (ANTARA News) - Penyerang Karim Benzema terpilih menjadi man of the match versi FIFA setelah membawa Prancis menang 5-2 atas Swiss di laga Grup E Piala Dunia 2014.

Bukan hanya membawa Prancis memenangi laga, Benzema juga memastikan Tim Ayam Jantan itu melangkah ke babak 16 besar.

Pada laga yang berlangsung di Arena Fonte Nova, Salvador, Brasil, Sabtu pagi WIB itu, Benzema mencetak satu gol pada menit 67 dan mengirimkan dua assist untuk Blaise Matuidi menit 18 dan Moussa Sissoko menit 73.

Penyerang Real Madrid itu, bermain selama 90 menit dan sukses 26 kali umpan, meskipun catatannya dalam laga tersebut dicoreng kegagalan mengkonversi tendangan penalti yang didapat setelah ia dilanggar bek Swiss, Johan Djorou, pada menit 31.

Benzema juga sempat kembali menggetarkan gawang Swiss di penghujung laga, namun wasit asal Belanda, Bjorn Kuipers, terlebih dulu meniup peluit tanda pertandingan berakhir, sehingga gol tersebut tidak dihitung.

Sementara itu, tandem Benzema, Olivier Giroud juga tampil menawan dalam laga itu dengan mencetak gol pembuka pada menit 17 serta menciptakan assist untuk gol ketiga Prancis yang dicetak Valbuena lima menit jelang turun minum.

Gol penyerang Arsenal itu juga merupakan gol ke-100 bagi Prancis di putaran final Piala Dunia.

Sementara di kubu Swiss, Blerim Dzemaili dan Granit Xhaka mencetak dua gol cantik yang sayangnya hanya menjadi gol hiburan di 10 menit akhir laga.

Dzemaili sukses menaklukkan penjaga gawang Hugo Lloris lewat eksekusi tendangan bebas dari jarak 30 meter pada menit 81 sedangkan Xhaka mencetak gol tendangan sentuhan pertama menerima umpan Gokhan Inler pada menit 87.

Berikut susunan lengkap pemain berdasarkan laman FIFA.

Swiss: Diego Benaglio (PG), Stephan Lichsteiner, Ricardo Rodriguez, Steve von Bergen (Philippe Senderos), Johan Djorou, Gokhan Inler (K), Valon Behrami (Blerim Dzemaili), Granit Xhaka, Xherdan Shaqiri, Admir Mehmedi, Haris Seferovic (Josip Drmic)

Prancis: Hugo Lloris (PG/K), Mathieu Debuchy, Patrice Evra, Raphael Varane, Mamadou Sakho (Laurent Koscielny), Blaise Matuidi, Yohan Cabaye, Moussa Sissoko, Mathieu Valbuena (Antoine Griezmann), Olivier Giroud (Paul Pogba), Karim Benzema

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2014