Brasil (ANTARA News) - Tidak hanya jago menggocek lawan di lapangan, pemain piala dunia yang satu ini pernah menjadi seorang petugas bank. Atau ada pemain yang memiliki label fashion-nya sendiri. Berikut tujuh fakta unik pesepak bola yang berlaga di Piala Dunia.

1. Faryd Mondragon
Kiper Kolombia akan menjadi pemain paling tua dalam sejarah Piala Dunia karena akan berumur 43 tahun pada 21 Juni. Mondragon lebih tua daripada pelatih Kroasia Niko Kovac (42) dan Pantai Gading Sabri Lamouchi (42).

Pemain tertua kedua di Piala Dunia kali ini juga dipegang oleh pemain Kolombia, yakni Mario Yepers, 39 tahun.

Jika dipilih untuk bermain, Mondragon akan melewati rekor mantan pemain sepak bola Kamerun, Roger Mila yang bermain hingga 42 tahun dan akan menjadi pemain paling tua di sejarah Piala Dunia.

2. Memphis Depay
Depay merupakan bintang baru bagi tim Belanda. Keunggulannya yakni cepat, cerdas dan memiliki kaki yang kuat.

Pemain 20 tahun ini hampir saja menjadi seorang rapper. Saat itu pelatih Fre Rutten membuatnya memilih menjadi rapper atau pemain sepak bola. Namun Depay memilih karirnya di dunia sepak bola.

3. Fabrice Olinga
Olinga yang membela Kamerun pada Piala Dunia ini membuat rekor ketika golnya ke gawang Celta Vigo menjadikannya menjadi pemain termuda yang pernah mencetak gol. Saat itu umur Olinga baru 16 tahun dan menjadi pemain termuda yang pernah mencetak gol di 90 tahun sepak bola Spanyol.

Saat menjalani debutnya bersama Kamerun, dia akan menjadi pemain termuda di Brasil 2014. Dan jika bermain, dia akan menduduki jajaran pemain paling muda kesembilan sepanjang sejarah Piala Dunia.

3. Miroslav Klose
Pemain timnas Jerman ini menjadi pemain tersubur di Piala Dunia kali ini karena telah mengantongi 14 gol untuk Der Panzer. Klose hanya butuh dua gol lagi untuk menyalip rekor Ronaldo pada 2006.

Jika mencetak gol di turnamen ini, Klose juga bisa bersanding dengan Pele dan Uwe Seeler yang rajin mencetak gol di empat edisi Piala Dunia (1958-1970).

Pele merupakan pemain yang akan dikenang sepanjang masa di dunia sepak bola karena bermain menonjol di Piala Dunia 1958 dan 1970.

Sementara Seeler merupakan orang pertama yang mengukir rekor dan mempertahankannya sebagai pemain yang selalu mencetak lebih dari dua gol di empat Piala Dunia terpisah.

4. Reza Ghoochannejhad
Penyerang Iran ini bercita-cita akan bermain biola di orkestra philharmonic jika sudah pensiun dari sepak bola. Gucci telah bermain biola sejak kecil.

Di babak kualifikasi, Gucci mencetak gol melawan Qatar, Lebanon, dan South Korea.

5. Dejan Lovren
Lovren merupakan bek Kroasia 24 tahun yang diberi kesempatan untuk merancang seragam timnas Kroasia. Nama label fashion-nya yakni Russell Brown, design dan produksinya di Kroasia.

Menurut laman Express, Rusell Brown mendesain busana perempuan dan laki-laki. Ada juga koleksi gaun dan celana pendek juga topi. Pemain seperti David Luiz, Edin Dzeko dan Luka Modric dikabarkan mendukung label milik Lovren.

6. Albert Adomah
Albert Adomah menjadi pemain Ghana yang dibiayai oleh komentator popular BBC, John Motson di Barnet dan kemudian terpilih menjadi skuat Ghana di Piala Dunia.

7. Fabian Schar
Selain menjadi pesepak bola, bek Basel ini juga seorang pegawai bank.

"Saya terbiasa bekerja seharian di bank kemudian pergi latihan, lalu pulang ke rumah dan mengerjakan pekerjaan rumah pada pukul 10 malam," kata Schar seperti dikutip di The Guardian. (*)

Penerjemah: Okta Antikasari
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2014