Rio de Janeiro (ANTARA News) - Piala Dunia 2014 yang berlangsung di 12 kota besar di Brasil diperkirakan melahirkan satu juta lapangan kerja, demikian menurut lembaga penelitian ekonomi di negara Amerika Latin itu.

Kantor berita Agencia Brasil pada Jumat (20/6) mengutip laporan lembaga ekonomi Fipe, yang menjalankan tugas dari Kementerian Pariwisata Brasil, bahwa dari satu juta lapangan kerja itu hanya 200.000 yang bersifat sementara, sisanya lebih permanen.

Laporan itu juga menyebutkan bahwa Piala Dunia akan menyuntikkan dana 30 miliar real (13,4 miliar dolar AS) ke perekonomian Brasil.

"Jumlah itu sangat besar," kata Vicente Neto, Kepala Lembaga Promosi Pariwisata Resmi Brasil, Embratur.

"Itu adalah warisan manusia yang luar biasa," kata Neto seperti dilansir kantor berita Xinhua.

Neto mengatakan, aspek positif lain dari pertandingan ialah tingkat hunian hotel di 12 kota besar tuan rumah Piala Dunia yang mencapai 45 persen lebih banyak dari perkiraan.

Acara besar internasional seperti Piala Dunia juga akan mendorong Brasil sebagai tujuan wisata, sehingga menciptakan lebih banyak lapangan kerja dan penghasilan, katanya.

Selain menjadi tuan rumah Piala Dunia, Brasil akan menjadi tuan rumah Olimpiade Musim Panas 2016, yang akan berlangsung di kota Rio de Janeiro. (Uu.C003)

Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2014