Semarang (ANTARA News) - Pebalap nasional Rio Haryanto menempati posisi star ke-13 pada seri keempat lomba balap mobil GP2 Series di Sirkuit Red Bull Ring, Austria, setelah pada babak kualifikasi menempati posisi ke-13.

Ibunda Rio Haryanto, Indah Pennywati ketika dihubungi dari Semarang, Jateng, Sabtu, mengatakan, setelah sesi latihan resmi selama 45 menit pada Jumat (20/6) pagi waktu setempat, Rio Haryanto berheasil menyelesaikan sesi kualifikasi pada sore harunya dengan catatan waktu 1:15.811.

Catatan waktu yang ditempuh pebalap asal Solo, Jateng, tersebut, menurut dia, hanya terpaut 0,499 detik dengan posisi pertama yaitu Johny Cecoto dari tim Trident dengan catatan waktu 1:15.312, sedangkan posisi kedua ditempati J Palmer dari tim DAMS dengan catatan waktu 1:15.352, sedangkan etiga adalah F Nasr dari tim Carlin dengan catatan waktu 1:15.358.

Sementara itu rekan satu tim Rio Haryanto di EQ8 Caterham Racing pebalap asal Amerika Serikat Alexander Rossi menempati posisi kesembilan dengan catatan waktu 1:15.644. Dengan hasil ini maka Rossi akan memulai star pada race pertama atau feature race" pada posisi kesembilan.

Lomba balap mobil seri keempat ini berlangsung di Sirkuit Red Bull Ring atau berjarak 250 kilometer dari ibu kota Austria, Viena. Cuaca saat ini berubah-ubah, sebentar hujan sebentar kering.

Menurut dia, putaran terbaik yang diakui Rio Haryanto bahwa dia sedikit melebar saat trafic di sektor tiga tetapi pada sektor satu dan dua sangat bagus.

Ia mengatakan, star pada posisi ke-13 ini tidaklah mudah di sirkuit ini apalagi sebelumnya Rio belum pernah mengenal sirkuit ini.

Tetapi, lanjut dia, Rio menargetkan untuk bisa meraih poin pada race pertama yang berlangsung hari ini atau Sabtu waktu setempat.

Sampai berakhirnya seri ketiga (seri ketiga di Monte Carlo, Monaco), Rio Haryanto berada pada peringkat ke-7 dengan total poin 26, sedangkan rekannya Alexander Rosso menempati peringkat ke-21 dan belum mendapatkan poin.

Rio Haryanto meraih angka tersebut saat tampil pada seri kedua di Spanyol (10 poin), kemudian seri ketiga di Monte Carlo, Monaco (16). Secara tim, Rio Haryanto dan Alexander Rossi di tim Caterham Racing berada pada peringkat ke-7 dengan tota nilai 26.

Peringkat pertama untuk kelompok pebalap diraih J. Palmer dari tim DAMS dengan total nilai 103 disusul F. Nasr dari tim Carlin dengan total nilai 57, sedangkan ketiga adalah J. Cecotto dengan total nilai 49 dari tim Trident.

Sementara itu, secara tim, peringkat pertama diraih tim DAMS dengan total nilai 135, kedua adalah Carlin dengan toyal nilai 105, dan ketiga Trident dengan total nilai 71.

(H015/D011)

Pewarta: Hernawan Wahyudono
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014