Jakarta (ANTARA News) - Hendra Setiawan/Muhammad Ahsan berpeluang mempertahankan predikat juara setelah memastikan diri lolos ke final BCA Indonesia Open Super Series Premier 2014.

Kepastian lolosnya unggulan pertama itu didapat setelah disemifinal mengalahkan pasangan asal Korea Selatan, Kim Ki Jung/Kim Sa Rang di Istora Senayan, Jakarta, Sabtu, dengan skor 17-21, 21-13, 21-10.

Dengan lolosnya pasangan terbaik Indonesia ke kejuaraan dengan total hadiah 750 ribu dollar maka tuan rumah masih mempunyai asa di puncak. Apalagi pasangan ganda campuran Liliyana Natsir/Tontowi Ahmad langkahnya harus terhenti disemifinal.

"Kami ingin mengulangi prestasi tahun lalu," kata Hendra Setiawan usai pertandingan.

Menurut dia, upaya untuk kembali masuk final bukan perkara mudah karena lawan yang dihadapi disemifinal adalah pemain kuat yang juga unggulan keempat pada kejuaraan bergengsi yang didukung Djarum Foundation itu.

Bahkan pasangan ranking satu dunia itu harus kehilangan game pertama dengan 17-21. Menurut Hendra, kekalahan di game pertama adalah dampak dari kalah angin. Meski demikian, pihaknya tetap memberikan perlawanan.

"Kami lebih senang kalah angin terlebih dahulu. Setelah itu kita baru melakukan tekanan terlebih dahulu terutama dibabak kedua. Hasilnya kita mampu mengambil game kedua. Hal sama kita lakukan digame tiga," kata Hendra menambahkan.

Hal sama dikatakan Muhammad Ahsan. Menurut dia, game kedua adalah kunci kebangkita mereka. Demi membongkar pertahanan lawan pihaknya berinisiatif melakukan tekanan terlebih dahulu. Hasilnya lawan kesulitan untuk mengembangkan permainan.

"Kami terus menyerang biar mereka tidak keenakan bertahan. Akhirnya kami bisa lolos ke final," katanya usai pertandingan.

Dipartai puncak Hendra Setiawan/Muhammad Ahsan akan berhadapan dengan andalan Korea Selatan, Lee Yong Dae/Yoo Yeon Seong yang di semifinal mengalahkan pasangan Tiongkok, Fu Haifeng/Zhang Nan dengan skor 21-1, 23-21.

Bagi pasangan Hendra/Ahsan pertemuannya dengan Lee Yong Dae/Yoo Yeon Seong adalah yang keenam kalinya. Hanya saja andalan Indonesia itu masih kurang beruntung karena pada lima pertandingan sebelumnya baru sekali meraih kemenangan.

"Lihat saja besok. Saat ini kami belum memikirkan kekuatan lawan. Semoga kita menang pada laga-laga penting," kata Hendra Setiawan menegaskan.

Pasangan Hendra/Ahsan menjuarai Indonesia Open 2013 setelah di partai final mengalahkan pasangan Korea Selatan yang juga diperkuat oleh Lee Yong Dae dengan skor 21-14, 21-18, hanya saja pasangannya bukan Yoo Yeon Seong melainkan Ko Sung Hyun.
(B016/Y008)

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014