Jakarta (ANTARA News) -Pembuatan film layar lebar kerap diadaptasi dari buku dan penonton pada tahun depan akan kembali disuguhi karya-karya adaptasi tersebut.

Terdapat serangkaian buku yang benar-benar perlu dibaca sebelum filmnya dirilis pada 2015, seperti dilansir Female First.

1. Wild; rilis pada 23 Januari 2015 dengan bintang Reese Witherspoon. Film ini didasarkan pada otobiografi Cheryl Strayed, yang mencatatkan pendakian solo sepanjang 1.100-mil di Pacific Crest Trail.

Perjalanan tersebut adalah pemulihan pribadi bagi Strayed setelah ibunya meninggal akibat kanker,  perjuangan melawan kecanduan, dan perceraian  dengan suami.

Witherspoon akan berperan sebagai Cheryl dalam film tersebut, sementara Jean-Marc Vallée kembali ke kursi sutradara setelah Dallas Buyers Club.

2. Inherent Vice; rilis 30 Januari 2015 yang merupakan adaptasi dari novel karya Thomas Pynchon.

Film ini menandai kembalinya Paul Thomas Anderson ke kursi sutradara sekaligus sebagai penulis skenario.

Buku itu dirilis kembali pada 2009, dan konon Pynchon telah memberikan restunya atas adaptasi tersebut kepada Anderson.

Proses casting  menghadirkan Joaquin Phoenix, Reese Witherspoon, Josh Brolin, Jena Malone, Benicio Del Toro & Owen Wilson dalam daftar pemain.

3. Fallen; adalah salah satu film adaptasi yang harus diperhatikan pada 2015.

Buku tersebut adalah sebuah adaptasi dari novel romantis - gotik Lauren Kate dan merupakan yang pertama dari empat seri.

Addison Timlin akan mengambil peran sentral Lucinda 'Luce', Price, sementara Jeremy Irvine & Harrison Gilbertson akan berperan sebagai Daniel Grigori dan Cameron "Cam" Briel.

4. Inferno; rilis pada 26 Desember 2015. Dan Brown sudah jadi jaminan untuk buku laris seperti The Da Vinci Code, Angels & Demons, The Lost Symbol, Deception Point & Digital Fortress.

Da Vinci Code dan Angels & Demons sudah diadaptasi untuk layar lebar, kini giliran Inferno dibuatkan versi filmnya.

Ron Howard akan berada di kursi Sutradara untuk film ini, di mana Tom Hanks akan kembali menjadi peran utama Robert Langdon.

Inferno adalah bacaan hebat lain dari Brown.

5. Testament of Youth; film otobiografi Vera Brittain, bercerita tentang seorang wanita muda era Perang Dunia I dan dampak perang itu pada kehidupan perempuan di masa tersebut.

Buku ini telah diadaptasi untuk layar lebar oleh Juliette Towhidi, dan James Kent akan berada di kursi sutradara.

Alicia Vikander akan berperan sebagai Vera Brittain, sementara Kit Harington, Hayley Atwell, Emily Watson, Dominic West, dan Miranda Richardson juga terdaftar sebagai pemain.

6. Miss Peregrine's Home For Peculiar Children;  debut dari novel yang ditulis Ransom Riggs.

Film tersebut menceritakan Jacob Portman berusia enam belas tahun, yang melakukan perjalanan ke Wales untuk mencari tahu apa yang sebenarnya terjadi pada kakeknya yang konon dibunuh oleh makhluk ciptaan.

20th Century Fox telah membeli hak film tersebut, dan Jane Goldman akan mengadaptasi buku tersebut menjadi sebuah skenario film.

Tim Burton akan menjadi sutradara film fantasi gotik ini.

Penerjemah: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2014