... Jakarnaval ini sebetulnya bukan cuma hiburan, tetapi juga proses pelatihan untuk warga. Lebih tepatnya, latihan untuk tidak buang sampah sembarangan dan selalu menjaga kebersihan... "
Jakarta (ANTARA News) - "Dengan mengucap syukur, pawai Jakarnaval 2014 secara resmi saya lepas," kata Plt Gubernur DKI Jaya, Basuki Purnama atau Ahok, saat melepas rombongan peserta pawai Jakarnaval 2014, di pintu barat Monas, Jakarta Pusat, Minggu sore. 

Iringan pawai Jakarnaval itu salah satu pemuncak kegembiraan Jakarta menyambut hari jadinya ke-487 pada 22 Juni 2014. Jalan-jalan utama Jakarta, di antaranya poros Jalan Sudirman-Jalan MH Thamrin-Jalan Medan Merdeka Barat, dan sekitarnya telah ditutup untuk kendaraan bermotor sejak pukul 15.00 WIB.

Ribuan warga Jakarta telah memenuhi beberapa penggal jalan-jalan penting Jakarta itu untuk menyaksikan secara langsung iringan pawai itu. Cuma armada bis transjakarta yang bolak-balik melaju di jalurnya, membawa warga Jakarta secara gratis. 

Jakarnaval, kata Ahok, "Acara Jakarnaval ini sebetulnya bukan cuma hiburan, tetapi juga proses pelatihan untuk warga. Lebih tepatnya, latihan untuk tidak buang sampah sembarangan dan selalu menjaga kebersihan."

Motto baru yang diluncurkan pada peringatan HUT ke-487 Jakarta ini adalah Jakarta Baru, Jakarta Maju. 

Ketertiban dan kebersihan di tempat umum, perkantoran, pusat bisnis dan perdagangan, serta pemukiman dan sungai atau kali di Jakarta masih menjadi hal sangat serius. 

Kebiasaan warga yang tidak peduli dengan ketertiban dan kebersihan menyumbang secara telak tampilan Jakarta yang semrawut da jorok.  

"Melalui banyaknya rangkaian kegiatan ulang tahun Jakarta, kami berharap agar kita semua bisa sama-sama belajar menjaga Kota Jakarta. Ini rumah kita, ini ibukota negara, harus dicintai," tutur Ahok.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jaya, Arie Budhiman, mengungkapkan Jakarnaval 2014 dimeriahkan dengan berbagai pertunjukan seni budaya mengangkat tema Keajaiban Topeng Nusantara.

Jakarnaval 2014 diikuti 1.200 peserta pawai jalan kaki serta 30 mobil hias. Turut diundang pula peserta dari luar Jakarta, di antaranya Aceh, Riau, Solo, Kalimantan Timur, Ponorogo, Bali dan Indramayu. 

Pawai Jakarnaval 2014 dimulai pada pukul 15.00 WIB dan rencananya akan berakhir sekitar pukul 18.00 WIB. Rombongan akan berjalan dari pintu barat Monas, kemudian menyusuri sepanjang Jalan MH Thamrin, berputar di Bundaran Hotel Indonesia (HI) dan kembali lagi ke Monas.

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2014