Kondisinya sudah membaik namun belum bisa pulang ke Indonesia karena sedang perawatan
Tangerang (ANTARA News) - Menteri Kesehatan Nafsiah Mboi mengatakan kondisi WNI di Arab Saudi yang positif virus Mers CoV saat ini sudah membaik.

"Kondisinya sudah membaik namun belum bisa pulang ke Indonesia karena sedang perawatan," kata Nafsiah Mboi usai kunjungan kerja ke Provinsi Banten di RSUD Kota Tangerang, Senin.

Ia mengatakan dari dua WNI yang positif virus Mers, salah satunya telah meninggal. Sedangkan satunya lagi sedang perawatan dan telah membaik.

Kementerian kesehatan akan terus melakukan koordinasi dengan pihak luar negeri agar ketika WNI tersebut pulang, kondisinya sudah sehat. "Masih kita koordinasikan untuk kepulangannya," ujarnya.

Sekretaris Dirjen Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan, Kemenkes, Muhammad Subhan, sebelumnya mengungkapkan, telah ada 169 kasus suspect Virus Mers CoV hingga kini dengan 161 kasus dinyatakan negatif dan delapan orang lagi masih dalam pemeriksaan.

Namun demikian, secara keseluruhan, belum ada satu kasus pun di Indonesia yang dinyatakan positif. Kementerian Kesehatan akan melakukan update perkembangan mengenai penyebaran virus Mers setiap dua hari sekali pada pukul 07.00 WIB dan 16.00 WIB.

Sebagai bentuk kewaspadaan, Kementerian Kesehatan menyiapkan satu tenda dan ambulance tekanan negatif di setiap Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) atau bandara.

Kemudian, terdapat 12 hingga 16 petugas medis yang telah dilatih secara khusus dan keterampilan untuk menangani setiap kasus virus mers.

Selain itu, Kementerian Kesehatan pun menyediakan 50 set pakaian yang khusus di setiap KKP untuk menangani terduga virus Mers. 

Pewarta: Achmad Irfan
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2014