Jakarta (ANTARA News) - Hampir seluruh tumbuhan dikenal sebagai penyerap polusi, namun ada jenis tanaman hias dengan daya serap polutan yang tinggi antara lain Sansevieria.

"Ada 10 tanaman hias anti-polutan, tapi Sansevieria memiliki daya serap polusi paling tinggi," kata penyilang tanaman hias Sansevieria Taufik Hidayat di Jakarta, Senin.

Ia mengatakan lembaga antariksa Amerika NASA yang selama 25 tahun meneliti tanaman itu merilis bahwa Sansevieria merupakan tanaman hias penyerap polutan paling efektif.

Keistimewaan lain tanaman ini adalah mengeluarkan oksigen setiap saat sehingga menjadi satu-satunya tumbuhan yang aman berada di ruang tidur.

Purbo Djojokusumo pemilik Purbo Garden menambahkan selain tanaman hias Sansevieria, ada juga tanaman hias jenis Phylodendrom sebagai anti-polutan.

"Memang tingkat penyerapan tertinggi adalah Sansevieria. Tanaman ini menyerap semua racun-racun di udara," katanya.

Ilmuwan NASA, kata dia, gencar meneliti Sansevieria terkait kebutuhan oksigen di ruang angkasa. Dari penelitian tersebut terbukti bahwa tanaman itu mampu mengeluarkan oksigen dalam 24 jam.

Anggota Komunitas Pencinta Sansevieria Indonesia (Kompensasi) ini mengatakan tidak hanya anti-polutan, lendir yang terdapat pada daun Sansevieria juga dapat menyembuhkan luka

Ia mengatakan tanaman Sansevieria dengan bentuk yang kecil dapat ditanam dalam pot dan ditempatkan di ruang kerja dan rumah tinggal.

Bahkan di negara Jepang setiap kantor, rumah sakit, rumah tinggal, tempat umum dan mall diharuskan meletakkan satu pot tanaman Sansevieria.

"Di ruang kerja juga cocok karena kekurangan oksigen membuat ngantuk jadi letakkan satu pot Sansevieria," katanya.

Ia mengatakan tanaman tersebut banyak dijual di kota-kota di Indonesia dengan harga bervariasi mulai Rp5 ribu hingga Rp30 juta.

Sansevieria adalah tanaman hias yang berasal dari Afrika. Tanaman ini mulai dikenal dan "booming" di Indonesia pada 2004. (*)

Pewarta: Helti Marini Sipayung
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2014