Jakarta (ANTARA News) - Juara dunia bertahan Spanyol akan menghadapi Socceroos dalam laga terakhir mereka di Grup B Piala Dunia 2014, Senin sore (malam WIB), di Stadion Baixada, Curitiba setelah keduanya ditaklukkan Belanda dan Chile.

Pertandingan Australia dan Spanyol nanti lebih pada pertarungan gengsi karena keduanya sudah memastikan tersingkir dari babak penyisihan grup.

Spanyol takluk dari Belanda dengan skor telak 5-1 dalam laga pembuka, kemudian kalah dari Chile 2-0 pada pertandingan berikutnya yang mengantar mereka menghuni dasar klasemen grup.

Sementara Socceroos yang sudah tampil apik, menyerah dari Chile 3-1 pada pertandingan perdananya sebelum kemudian menyerah dari Belanda dengan skor tipis 2-3.

Meski sama-sama tidak meraih poin dalam dua pertandingan sebelumnya, Spanyol tersingkir dengan lebih menyakitkan sebagai juara dunia bertahan. Dalam dua pertandingan pertama putaran final mereka tidak mencetak satu gol pun meski didukung dengan pemain-pemain yang disegani di kejuaraan Eropa.

Australia justru lebih baik, mampu mencetak satu gol dalam kekalahan melawan Chile, kemudian telah merepotkan Belanda dan mencetak dua gol meskipun kemudian menyerah di kaki Memphis Depay yang mencetak gol ketiga untuk pasukan Oranye.

Walaupun bukan pertandingan penentuan, Spanyol yang sebelumnya tampil mengecewakan, kemungkinan akan mencoba memperbaiki kesan sebelum mereka meninggalkan Brasil.

Pelatih Del Bosque kemungkinan akan menurunkan sejumlah bintangnya dalam laga terakhir nanti seperti Xavi, Xabi Alonso, dan David Villa.

Keputusan memilih Diego Costa telah menjadi bumerang, tampil kurang apik dan kurang bugar, sementara kiper Iker Casillas masih dalam jalur setelah diberondong gol oleh Belanda dan mungkin akan digantikan oleh Pepe Reina.

Del Bosque juga kemungkinan akan memberikan beberapa menit dalam pertandingan kepada beberapa anggota muda dalam skuat seperti gelandang Atletico Madrid, Koke.

Australia, kali ini mungkin akan bermain tanpa pencetak golnya dalam dua laga sebelumnya, Tim Cahill. Mantan pemain Everton yang mencetak dua dari tiga gol Australia di Brasil itu tidak bisa bermain karena akumulasi kartu kuning.

Methew Leckie, yang tampil impresif di kanan melawan Belanda, kemungkinan akan ditempatkan menggantikan Cahill dengan Ben Halloran di sayap luar.

Head to head

* Ini akan menjadi pertemuan pertama antara Australia vs Spanyol.
* Australia butuh hasil imbang (draw) untuk hasil di atas Spanyol dalam kompetisi di Brasil ini.

Fakta tim

Australia

* Australia hanya menang sekali dalam tujuh pertadingan Piala Dunia melawan oposisi Eropa, 2-1 lawan Serbia pada 2010.
* Tim Cahill telah mencetak lima dari 11 gol Australia di Piala Dunia, tapi sekarang ia tidak bisa bermain karena akumulasi kartu kuning.
* Socceroos selalu kebobolan dalam masing-masing sembilan pertandingan Piala Dunia, kebobolan dua atau lebih gol dalam lima laga mereka.

Spanyol

* Spanyol belum pernah kalah dalam seluruhnya tiga pertandingan fase grup Piala Dunia.
* Ini yang kelima kali peraih juara terlempar dari babak grup. Kalah dari Italia 1950, Brasil 1966, Prancis 2002, dan Italia 2010.
* Dalam 126 menit aksinya di Piala Dunia sejauh ini, Diego Costa telah gagal mencatak gol dari tendangan tunggal ke target (hanya lima tembakan secara total).
* Melawan Chile, Spanyol menempatkan umpan bawah yang akurat di Piala Dunia (81%) sejak kekalahan perempat final dari Korea Selatan pada Juni 2002 (78%).
* Andres Iniesta diharapkan melakoni laga yang ke-100 kalinya.

Perkiraan susunan pemain dan formasi

Spain (formasi 4-3-3)
De Gea, Juanfran, Ramos, Martinez, Alba, Koke, Xabi Alonso, Silva, Iniesta, Costa, Pedro.

Australia (formasi 4-2-3-1)
Ryan, McGowan, Wilkinson, Spiranovic, Davidson, Milligan, Jedinak(c), Tommy Oar, Bozanic, Mathew Leckie, Taggart.

Prediksi skor menurut Goal.com

Australia 2-1 Spanyol (12,84%)
Australia 1-2 Spanyol (9,13%)
Australia 0-2 Spanyol (8,5%).

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014